Ratusan Warga Serbu Balai Kelurahan Sukolilo

12 Mei 2024 | 17.47 WIB Last Updated 2024-05-12T10:48:20Z


SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM - Balai Kelurahan Sukolilo, Surabaya dikepung oleh ratusan warga pada Selasa 07 Mei 2024, Pagi. Namun kepungan warga kali ini bukan untuk aksi unjuk rasa, melainkan untuk mengikuti kegiatan bakti sosial (baksos) yang diselenggarakan Universitas Hang Tuah (UHT) dalam rangka Dies Natalis ke-37. 

Kegiatan yang diinisiasi UHT ini merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis dengan mengusung tema " Melalui Excellent Maritime Education, Kita Wujudkan Bangsa Maritim Berkelas Dunia”. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah bakti sosial kepada masyarakat sekitar, setelah sebelumnya sukses menggelar donor darah di lingkungan kampus pascasarjana dan Jalan Sehat, lomba mancing dilingkungan Kampus UHT.

Kegiatan Penmas kali ini  diikuti oleh 20 orang Dokter dari Fakultas kedokteran, Mahasiswa kedokteran UHT 12 orang  dan dari  tenaga Apoteker UHT  10 orang .

Rektor UHT Prof. Dr. Ir. H. Supartono, M.M. CIQaR, dalam sambutannya Pengabdian masyarakat kali ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Dies Natalis UHT Ke-37 dengan tema besar “Melalui Excellent Maritime Education, Kita Wujudkan Bangsa Maritim Berkelas Dunia”. Sebagai Universitas dengan Pola Ilmiah Pokok IPTEKS Kelautan, Universitas Hang Tuah secara konsisten turut membangun dan berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat pesisir melalui Tridarma Perguruan Tinggi – Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. 

Kegiatan ini juga implementasi dari Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani oleh LPPM, Para Dekan dengan Camat Sukolilo pada 14 Agustus 2023 yang lalu tentang Tridarma Perguruan Tinggi. Harapan Saya, melalui kegiatan Kerjasama antara Pemerintah, dunia akademis, masyarakat dan dunia usaha akan memberikan sinergi dan kolaborasi yang lebih bermanfaat dan secara signifikan memberikan dampak bagi masyarakat pesisir khususnya di kelurahan Binaan. 

Ditempat yang sama  Dekan Fakultas Kedokteran UHT  Djatiwidodo Edi Pratiknya, dr., M.Kes., Sp.KL., Subsp.P.H.(K). selaku Ketua Dies Natalis UHT kali ini,  berharap kegiatan Pemeriksaan Kesehatan oleh FK benar-benar dapat memberikan edukasi bagi masyarakat tentang penyakit Diabetes Mellitus,  kolesterol serta asam urat. FKG memberikan Edukasi Kosmetik Gigi yang tentunya sangat bermanfaat khususnya bagi kaum Perempuan. Maraknya Pinjol dan penggunaan Media Sosial menjadi perhatian Fakultas Hukum untuk memberikan Edukasi Undang-Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). 

Peristiwa gempa bumi beberapa waktu lalu di Tuban yang turut dirasakan oleh warga Surabaya diangkat oleh Fakultas Teknik Dan Ilmu Kelautan untuk memberikan Edukasi mitigasi bencana di wilayah pesisir, yang berkolaborasi dengan Prodi Administrasi Publik FISIP untuk memberikan Edukasi tentang abrasi Pantai.   Camat Sukolilo, dan Lurah Keputih. Mereka mengapresiasi antusiasme warga yang tumpah ruah mengikuti kegiatan baksos ini.

"Saya bangga melihat partisipasi aktif masyarakat Sukolilo dalam kegiatan ini. Ini membuktikan kuatnya rasa kebersamaan dan kepedulian sesama di kalangan warga," ujar Camat Sukolilo Drs. Budi Hermanto, M.Si.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB itu menyediakan berbagai layanan gratis seperti pengobatan, penyuluhan kesehatan, pembagian sembako. ( Kominfo UHT 2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh wakil Rektor I.Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, para Dosen, DEkan UHt, Camat Sukolilo dan seluruh kepala Lurah di wilayah Sukolilo.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Warga Serbu Balai Kelurahan Sukolilo

Trending Now