Putusan Pra Peradilan Kasus UMKM Pasuruan yang Ditersangkakan Polresta Pasuruan, Draw

Admin JSN
28 Mei 2024 | 23.56 WIB Last Updated 2024-05-28T17:41:09Z

Putusan Pra Peradilan Kasus UMKM Pasuruan yang Ditersangkakan Polresta Pasuruan, Draw

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Sidang putusan Pra Peradilan kasus Bantal Harvest yang ditersangkakan oleh Polresta Pasuruan telah selesai dilaksankan. Hakim Ari Komang Hanggara membacakan putusannya di hadapan kuasa Hukum pemohon dan pihak termohon Polresta, Selasa 28/5/2024.

Dalam pembacaannya yang mempertimbangkan Replik dan Duplik pemohon dari pihak kuasa hukum pasutri UMKM Bantal merek Harvest Deby Afandi dan Deby Nurfadhilah serta Replik Duplik termohon pihak Polresta Pasuruan diperoleh keputusan bahwa 2 pihak sama sama menang, sama sama kalah atau bisa diartikan draw.

Pertama, dalam hal pentersangkaan si suami, pelaku UMKM Deby Afandi, dinyatakan sah sebagai tersangka. Polisi dalam hal ini tidak melakukan kesalahan-kesalahan prosedur apa pun dalam menyelidiki dan menyidik hingga ditetapkan sebagai tersangka. 

Ajuan kuasa hukum yang menyebut bahwa pelapor yakni bantal Harvestluxury kepada Polresta tidak memiliki Legal Standing ditolak oleh Hakim, Harvestluxury dinyatakan memiliki Legal Standing sebagai pemilik merek dengan sertifikat HAKI.

Adapun materi utama perbedaan Harvest dan Harvestluxury bukan ranah Pra Peradilan akan tetapi pembuktian bisa dilakukan di pengadilan.

Kedua, Dalam hal pentersangkaan si istri, Daris Nur Fadhilah  dinyatakan tidak memenuhi unsur penetapan tersangka. Polisi dalam hal ini dianggap Hakim telah menetapkan tersangka secara tidak memenuhi prosedur.

 Yakni melakukan Sprindik, surat perintah penyidikan tidak dari awal sebagaimana azas praduga tak bersalah, sehingga status tersangka Daris harus dibatalkan. 

Menurut pengacara status tersangka untuk Daris berlaku sejak diputuskan Hakim dalam sidang Pra Peradilan.

"π™³πšŽπš—πšπšŠπš— πšπš’πš‹πšŠπšŒπšŠπš”πšŠπš— πš™πšžπšπšžπšœπšŠπš— π™·πšŠπš”πš’πš– πš’πš—πš’, πš–πšŠπš”πšŠ π™±πšž π™³πšŠπš›πš’πšœ πš–πšžπš•πšŠπš’ πš‘πšŠπš›πš’ πš’πš—πš’ πšœπšπšŠπšπšžπšœπš—πš’πšŠ πš‹πšžπš”πšŠπš— πšπšŽπš›πšœπšŠπš—πšπš”πšŠ πš•πšŠπšπš’," ujar pengacara Zulfi Syatria.

Sidang Pra Peradilan berlangsung kondusif dan sangat tenang meskipun banyak diliput langsung oleh media elektronik, cetak dan online serta para pendukung dari unsur UMKM untuk Deby Afandi dan Daris Nurfadhilah sebagai sesama pelaku UMKM bantal. 

Nampak hadir mengikuti sidang Agus Suyanto anggota dewan dari PKB sekaligus 

Pembina Himpunan Asosiasi UMKM Pasuruan juga pengurus Himpunan Asosiasi UMKM Pasuruan. Koordinator Satrya Emas (Satuan strategis ekonomi maslahat) program pendampingan UMKM Kabupaten Pasuruan Musdalifah ikut hadir pula memberi dukungan.

"π™°πš•πš‘πšŠπš–πšπšžπš•πš’πš•πš•πšŠπš‘ π™±πšž π™³πšŠπš›πš’πšœ πš–πšŽπš—πšŠπš—πš πš–πšŽπšœπš”πš’πš™πšžπš— π™ΏπšŠπš” π™°πšπšŠπš—πšπš’ πšπšŽπšπšŠπš™ πšπšŽπš›πšœπšŠπš—πšπš”πšŠ. π™ΊπšŠπšœπšžπšœ πš’πš—πš’ πš–πšŽπš–πš‹πšŽπš›πš’πš”πšŠπš— πš™πšŽπš•πšŠπš“πšŠπš›πšŠπš— πš‹πšŽπš›πš‘πšŠπš›πšπšŠ πš™πšŠπšπšŠ πš„π™Όπ™Ίπ™Ό πšπšŽπš—πšπšŠπš—πš πš‹πšŠπšπšŠπš’πš–πšŠπš—πšŠ πš‘πšŠπš›πšžπšœπš—πš’πšŠ πš–πšŽπš—πš“πšŠπš•πšŠπš—πš”πšŠπš— πšžπšœπšŠπš‘πšŠ. πš‚πšŠπš’πšŠ πš‘πšŠπš›πšŠπš™ πš™πšŠπš›πšŠ πš™πšŽπš•πšŠπš”πšž πš„π™Όπ™Ίπ™Ό πš‹πš’πšœπšŠ πš–πšŽπš—πšπšŠπš–πš‹πš’πš• πš‘πš’πš”πš–πšŠπš‘ πš™πš˜πšœπš’πšπš’πš πšπšŠπš›πš’ πšπš’πšπšŽπš•πšŠπš›πš—πš’πšŠ πš”πšŠπšœπšžπšœ πš’πš—πš’ πšŠπšπšŠπš› πšπš’πšπšŠπš” πš–πšŽπš—πš’πš–πš™πšŠ πš™πšŽπš•πšŠπš”πšž πš„π™Όπ™Ίπ™Ό πš•πšŠπš’πš—," ujar Agus 

Berlangsung sejak pukul 12.40 an sidang berlangsung sekitar satu jam, yakni hingga sekitar pukul 13.50 an.


π™ΏπšŽπš πšŠπš›πšπšŠ: π™°πš—πšœ | π™΄πšπš’πšπš˜πš›: π™΅πšŠπšŒπš‘πš›πš’

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Putusan Pra Peradilan Kasus UMKM Pasuruan yang Ditersangkakan Polresta Pasuruan, Draw

Trending Now