Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Pelaksanaan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di SD Negeri Talang

Admin JSN
22 Mei 2024 | 09.53 WIB Last Updated 2024-05-22T02:53:41Z


NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM : Pelaksanaan kegiatan pembuatan KIA atau Kartu Identitas Anak di SD Negeri Talang ini dilaksanakan pada 23 April 2024. Program ini dijalankan oleh Dukcapil Nganjuk yang bekerja sama dengan beberapa sekolah terutama Sekolah Dasar guna meratakan pembagian KIA bagi anak - anak di Kabupaten Nganjuk. Proses pembuatan Kartu Identitas Anak ini dilakukan dengan mengumpulkan data siswa – siswi yang bersangkutan dari pihak sekolah yang kemudian diinput oleh pihak Dukcapil  ke aplikasi SIAK atau Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Kartu Identitas Anak ini juga memiliki beberapa ketentuan seperti penggunaan foto pada kartu tersebut, untuk pengguna kartu yang berusia 0-5 tahun tidak disertai foto diri sementara usia 6-16 tahun disertai foto berlatar biru dan merah.

        Proses pembuatan kartu ini berlangsung cukup singkat dan dapat diselesaikan di tempat saat itu juga. Pengerjaan Kartu Identitas Anak di SDN Talang ini dibantu oleh Mahasiswa KKN-T MBKM dari UPN Veteran Jawa Timur yang sedang menjalankan kegiatan dari salah satu Program Kerja yang telah dibuat untuk SDN Talang. Mahasiswa KKN kerap membantu Anggota Dukcapil dalam proses pendataan siswa – siswi yang mendapatkan KIA tersebut. Tercatat seluruh siswa – siswi mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SDN Talang tersebut telah memiliki Kartu Identitas Anak. 

Kartu ini kemudian diberikan kepada pihak sekolah dan guru kelas masing – masing untuk kemudian dibagikan kepada siswa – siswi yang bersangkutan. Momen ini juga dimanfaatkan oleh pegawai Dukcapil  untuk membantu mahasiswa KKN tersebut membuat e-KTP melalui aplikasi Identitas Kependudukan Digital atau IKD agar memudahkan penggunanya dalam melakukan proses verifikasi jika dibutuhkan serta menjaga keamanan data pengguna dan sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelaksanaan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di SD Negeri Talang

Trending Now