Mengoptimalkan Penggunaan Paper Cup untuk Jus Strawberry : Inovasi Ramah Lingkungan Pada Daya Tarik Wisata Lumbung Stroberi

Admin JSN
05 Mei 2024 | 15.43 WIB Last Updated 2024-05-06T22:44:15Z

BATU | JATIMSATUNEWS.COM:
 19 Maret 2024 - Di era perubahan iklim yang semakin terasa dan kesadaran akan pentingnya suatu keberlanjutan dari lingkungan yang meningkat, fokus utama saat ini yaitu dengan mengurangi jejak karbon dan pengelolaan limbah plastik dengan lebih efektif. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan mengoptimalkan penggunaan paper cup terutama di sektor industri makanan dan minuman serta sektor pariwisata. 

Lumbung Stroberi merupakan salah satu daya tarik wisata yang terletak di desa Pandanrejo, kec. Bumiaji, kota Batu. Lumbung Stroberi merupakan salah satu daya tarik wisata yang menawarkan keindahan alam dan juga aktivitas yang dapat dilakukan yaitu petik strawberry. dengan menawarkan alam yang indah maka lingkungan juga menjadi faktor yang harus diperhatikan. Tidak hanya kunjungan wisatawan saja yang meningkat akan tetapi para akademisi yang berasal dari berbagai universitas juga sering melakukan kunjungan dan menjalin kerjasama dengan Lumbung Stroberi.

Mahasiswa dari kelompok 2 program studi Pariwisata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang saat itu sedang melaksanakan kegiatan KKN Bina Desa di Lumbung Stroberi cukup memperhatikan kondisi lingkungan dan sempat bertanya mengenai penggunaan plastik untuk segala kemasan yang dipakai, lalu salah satu staf divisi pembuatan jus di Lumbung Stroberi menjawab bahwa penggunaan kemasan plastik yang mereka gunakan yaitu gelas plastik untuk minuman jus strawberry. 

Hal tersebut memunculkan ide dan inovasi dari para mahasiswa kelompok 2 untuk mengubah gelas plastik menjadi paper cup sehingga Wisata Lumbung Stroberi mampu menerapkan Pariwisata Berkelanjutan dengan memperhatikan lingkungan sekitarnya. penggunaan paper cup tidak hanya sebagai alternatif pengganti wadah plastik, melainkan juga menunjukkan keseriusan dalam berpartisipasi untuk usaha menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan adanya penggunaan dan penerapan paper cup ramah lingkungan memberikan dampak yang positif contohnya seperti :
a. Mengurangi penggunaan plastik
b. Meningkatan pengalaman bagi konsumen
c. Mengintegrasikan daur ulang 

Dengan adanya inovasi penerapan paper cup untuk jus strawberry di Lumbung Stroberi bukan hanya sebagai solusi ramah lingkungan, tetapi juga sebagai pendukung atraksi wisata yang positif dan memberikan dampak baik pada lingkungan sekitar. Melalui langkah-langkah yang terorganisir dan berkelanjutan, penggunaan paper cup dapat menjadi contoh konkret dari upaya pelestarian lingkungan dalam sektor pariwisata.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengoptimalkan Penggunaan Paper Cup untuk Jus Strawberry : Inovasi Ramah Lingkungan Pada Daya Tarik Wisata Lumbung Stroberi

Trending Now