Menggali Seni Syi'ir, Kunjungan Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel ke Pondok Pesantren Darun Nun

Admin JSN
28 Mei 2024 | 20.12 WIB Last Updated 2024-05-28T13:12:50Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: 27 Mei 2024 - Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Ampel Surabaya, melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Darun Nun, sebuah pondok yang dikenal dengan literasi dan bahasa. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa semester 2 dan 4, dengan jumlah peserta sekitar 120 mahasiswa, dalam seni menulis syi'ir Arab.

Acara ini bertempat di Masjid Baiturrahman Bukit Cemara Tidar dan dimulai dengan pembacaan Al-Qur'an oleh santri Darun Nun, Zainuddin. Kemudian, sambutan disampaikan oleh perwakilan santri, Hariski, yang diikuti oleh sambutan dari Kaprodi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Abdullah Ubed. 

Dalam sambutannya, Dr. Abdullah Ubed menekankan pentingnya memahami sastra Arab untuk memperkaya pengetahuan dan apresiasi terhadap bahasa Arab, terutama dalam konteks keindahan Al-Qur'an, dan menjelaskan mengapa berkunjung ke pondok Darun Nun? Karena pondok ini menerapkan pelatihan syi’ir dan konsen pada literasi. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Halimi Zuhdy. Dr. Halimi menegaskan bahwa memahami ilmu sastra Arab sangat penting untuk memahami Al-Qur'an dan mengeksplorasi keindahannya.

Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan teoretis tetapi juga memotivasi para mahasiswa untuk lebih mendalami dan mengapresiasi sastra Arab. Melalui acara ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan menulis syi'ir Arab dan memahami nilai-nilai sastra yang terkandung dalam bahasa Arab.

Kunjungan ini merupakan salah satu upaya Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi mahasiswa, terutama dalam bidang sastra dan bahasa Arab.

“Mengunjungi Pondok Darun Nun tidak salah, selain sambutannya santri yang luar biasa, juga medapatkan banyak ilmu baru dalam kajian tadi” kata Dr. Nasihin, Dosen Pendamping dari UIN Sunan Ampel Surabaya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menggali Seni Syi'ir, Kunjungan Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel ke Pondok Pesantren Darun Nun

Trending Now