MEMBACA MENYENANGKAN, KEBUN RAYA PURWODADI SELENGGARAKAN PIKNIK LITERASI

Admin JSN
18 Mei 2024 | 11.51 WIB Last Updated 2024-05-18T06:39:57Z

 


MEMBACA MENYENANGKAN, KEBUN RAYA PURWODADI SELENGGARAKAN PIKNIK LITERASI

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Kabupaten Pasuruan - Untuk Pertama kali, Kebun Raya Purwodadi bersama dengan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya adakan acara “Piknik Literasi” di area sengon Putih, Kebun Raya Purwodadi. Piknik Literasi akan dilaksanakan Minggu 19 Mei 2024 mendatang. Sesuai dengan namanya, aktivitas membaca akan dilakukan layaknya “Piknik” di lingkungan alam terbuka dengan tajuk “Baca buku, baca di alam”. 


Acara ini diramaikan oleh beberapa komunitas di antaranya Malang Book Party, Read Aloud Malang Raya, Omah Padma dan Tuli Mendongeng. Selain itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Purwodadi - Pasuruan dan Gramedia juga turut hadir berkolaborasi dalam acara ini. 


Secara keseluruhan, Piknik Literasi terdiri atas rangkaian acara bercerita di alam, tuli mendongeng beserta kelas isyarat, Kelas Edukasi, baca di alam, diskusi buku, dan diakhiri dengan aktivitas berkeliling kebun raya yakni Tour de Kebun. 


Sesi bercerita di alam akan menjadi acara pembuka dari Piknik Literasi. Seorang pencerita akan menyampaikan kisah secara aktif dan interaktif. Hal ini bertujuan untuk membuat suasana bercerita menjadi lebih hidup dan partisipatif bagi seluruh pendengar. Rangkaian ini akan dilaksanakan dengan menggandeng komunitas lokal Read Aloud Malang Raya. 


Kemudian acara akan dilanjutkan dengan sesi tuli mendongeng dan kelas isyarat. Sesi mendongeng akan disampaikan dengan bahasa isyarat yang ramah untuk teman tuli. Rangkaian ini juga dapat diikuti oleh peserta non-difabel karena dalam sesi ini juga terdapat seorang juru bahasa isyarat untuk menyampaikan cerita. Setelahnya, akan dilaksanakan kelas isyarat untuk seluruh peserta. Untuk rangkaian ini Piknik Literasi bekerja sama dengan komunitas Tuli Mendongeng.


Rangkaian ketiga selanjutnya adalah Kelas Edukasi. Pada sesi ini, sejumlah peserta akan mendapatkan edukasi Tabulampot. Peserta akan memperoleh pengetahuan secara langsung tentang praktik tabulampot dari para ahli hortikultura Kebun Raya Purwodadi.  


Kemudian sesi selanjutnya adalah baca bersama dan diskusi buku. Pada sesi ini, Peserta dapat bebas memilih buku yang mereka gemari untuk dibaca. Terdapat beragam jenis dan kategori buku bacaan menarik yang disediakan. Setelah sesi baca selesai, rangkaian akan berlanjut pada sesi diskusi buku. Peserta akan dibagi secara berkelompok untuk saling berbagi mengenai buku yang telah dibaca. Pada sesi ini Piknik Literasi berkolaborasi dengan Malang Book Party, Omah Padma, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).


Lalu untuk rangkaian acara terakhir adalah Tour de Kebun. Tour de Kebun merupakan aktivitas berkeliling kebun raya yang akan ditemani oleh seorang pemandu. Peserta akan berjalan menyusuri beberapa spot menarik yang edukatif di Kebun Raya Purwodadi.

Coorporate Communication- Andi Afrilliya Ani menyampaikan bahwa Kebun Raya Purwodadi membuka untuk kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk kampus, sekolah maupun komunitas. Seperti acara Piknik LIterasi ini arahan dari seluruh tim Kebun Raya menunjukkan dukungan sehingga terselenggara acara yang berkolaborasi dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya, beberapa komunitas baca buku, toko buku Gramedia, hingga media. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MEMBACA MENYENANGKAN, KEBUN RAYA PURWODADI SELENGGARAKAN PIKNIK LITERASI

Trending Now