Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Kelompok 4 KKNT MBKM Desa Sambirejo Melakukan Sosialisasi Mitigasi Bencana di SD Negeri 1,2, dan 3 Sambirejo

Admin JSN
08 Mei 2024 | 04.41 WIB Last Updated 2024-05-07T21:41:33Z

 


Kelompok 4 KKNT MBKM Desa Sambirejo Melakukan Sosialisasi Mitigasi Bencana di SD Negeri 1,2, dan 3 Sambirejo

JOMBANG | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur melakukan kegiatan KKNT MBKM di dua daerah,yakni Jombang dan Nganjuk. Mahasiswa yang mendapat kesempatan untuk KKNT di daerah Jombang berjumlah 8 kelompok sedangkan mahasiswa yang di daerah nganjuk berjumlah 10 kelompok. Desa Sambirejo merupakan desa yang berada di kaki gunung Arjuna, Kecamatan Wonosalam, daerah Jombang. Kerusakan yang ada di desa Sambirejo dikarenakan oleh adanya pergerakan tanah atau bahkan gempa bumi yang menyebabkan kerusakan material, seperti beberapa rumah dan bangunan mengalami keretakan, rubuh, bahkan terjadinya tanah longsor.

Karena besarnya potensi desa Sambirejo terhadap bencana, maka Kelompok 4 KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur melakukan adanya sosialisasi terhadap mitigasi bencana alam. Target dari sosialisasi ini adalah anak-anak Sekolah Dasar yang tentunya masih awam mengenai hal-hal yang harus dilakukan maupun hal yang tidak boleh dilakukan ketika terjadinya bencana di daerah mereka. Sosialisasi Mitigasi Bencana ini dilakukan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang. Pemilihan mitra Bersama pihak BPBD dilakukan dengan tujuan agar sosialisasi yang dilakukan ini ditangani langsung oleh pihak yang sudah memiliki pengalaman terhadap penanganan dan penanggulangan bencana. 

                        

Sosialiasi Mitigasi Bencana ini mendapatkan respon yang sangat baik dari pihak sekolah maupun anak-anak Sekolah Dasar. Antusiasme para siswa terhadap adanya kegiatan yang dilakukan kelompok 4 KKNT MBKM ini sangatlah menguntungkan. Selain dengan penyampaian materi yang diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana, antusiasme para siswa semakin meningkat ketika sedang melakukan salah satu contoh simulasi bencana yakni gempa bumi. Para siswa diajarkan sambal bernyanyi sehingga membuat sangat mudah menghafalkan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan serta mempraktikkannya. Simulasi benar-benar dilakukan dengan menyenangkan dan akan sangat berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan.  Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelompok 4 KKNT MBKM Desa Sambirejo Melakukan Sosialisasi Mitigasi Bencana di SD Negeri 1,2, dan 3 Sambirejo

Trending Now