Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia di Desa Talang Bersama Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur

Admin JSN
22 Mei 2024 | 09.56 WIB Last Updated 2024-05-22T02:56:59Z


NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur di Desa Talang, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk berpartisipasi dengan Bidan dan Kader posyandu dalam membantu pelaksanaan posyandu balita dan lansia di Desa Talang. Posyandu balita merupakan pelayanan kesehatan kepada balita dan anak untuk mengetahui pertumbuhan serta mendeteksi sedini mungkin penyimpangan status pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Posyandu lansia sendiri memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup Lansia yang lebih rentan terhadap penyakit. Manfaat posyandu ialah memberikan layanan kesehatan, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. Oleh karena itu, kegiatan posyandu sangat penting untuk dilakukan.

Kegiatan posyandu balita di Desa Talang dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2024 bertempat di Balai Desa. Sedangkan sesi yang kedua dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2024 bertempat di rumah Pak Bayan, dimulai pada pukul 07.30 - 11.00 WIB, dengan rincian kegiatan yang dilakukan meliputi: Pendaftaran, Pemantauan Perkembangan Anak Bina Keluarga Balita (BKB), penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui status pertumbuhan balita. 

Posyandu dilakukan dengan baik dan teratur sebagai upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak secara maksimal. Kemudian data diinput oleh kader posyandu melalui website Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) yang bertujuan untuk memperoleh informasi status gizi balita secara tepat, akurat, teratur, dan berkelanjutan untuk penyusunan perencanaan dan perumusan kebijakan gizi. Selain itu, juga dilakukan penyuluhan kesehatan oleh bidan serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Pelaksanaan posyandu balita dari 2 sesi diikuti sekitar 60-70 balita dan anak yang ada di Desa Talang.

Pemeriksaan fisik pada lansia dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2024 dimulai pukul 07.30 – 11.00 WIB dengan kegiatan meliputi: Penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Tujuan dari pemeriksaan berat badan dan tinggi badan adalah untuk mengetahui kesehatan lansia apakah terlalu kurus, normal, atau obesitas. 

Sedangkan pemeriksaan tekanan darah bertujuan untuk mengurangi risiko stroke, jantung, hingga gagal ginjal. Pemeriksaan gula darah dilakukan untuk mendiagnosis serta mengontrol penyakit yang berkaitan dengan gula darah tinggi, seperti diabetes. Posyandu lansia sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lansia dalam membina kesehatan, meningkatkan kemampuan mengatasi masalah kesehatan secara optimal, serta mendorong dan memfasilitasi lansia untuk tetap aktif, mandiri, dan produktif. 

Terlaksananya kegiatan posyandu balita dan lansia merupakan perwujudan demi tercapainya peningkatan kualitas kesehatan warga desa Talang. Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur yang turut berpartisipasi membantu kegiatan posyandu mendapatkan banyak pengalaman serta meningkatkan pengetahuan dalam kegiatan pelayanan kepada masyarakat.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kegiatan Posyandu Balita dan Lansia di Desa Talang Bersama Mahasiswa KKNT MBKM UPN Veteran Jawa Timur

Trending Now