Kunjungan Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur ke Kantor Desa Musir Kidul

Admin JSN
06 April 2024 | 16.14 WIB Last Updated 2024-04-06T09:18:47Z

 


Mahasiswa Kelompok 4 KKN-T MBKM UPNVJT  Melakukan Kunjungan ke Kantor Desa Musir Kidul, Kec. Rejoso, Kab. Nganjuk
Sumber: Dokumentasi Pribadi Kelompok 4

NGANJUK | JATIMSATUNEWS.COM: Pada Selasa pagi, 19 Maret 2024 sebanyak 192 mahasiswa resmi diberangkatkan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKN-T MBKM). KKN-T MBKM Periode I Tahun 2024 ini dimulai pada tanggal 19 Maret 2024 dan akan berakhir pada 28 Juni 2024, dengan kata lain lama waktu bagi 192 mahasiswa dalam menjalani kegiatan KKN-T MBKM adalah 3 bulan. 

Pada KKN-T MBKM Periode I ini 192 mahasiswa tersebut terbagi dalam dua lokasi yaitu Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang. Di Kabupaten Nganjuk, lokasi KKN-T MBKM berlokasi di Kecamatan Rejoso dimana terdapat 10 kelompok yang kemudian disebarkan di 10 desa yaitu Desa Rejoso, Talang, Musir Lor, Musir Kidul, Klagen, Mungkung, Gempol, Jatirejo, Setren, dan Desa Mlorah.

 Sedangkan, di Kabupaten Jombang kegiatan KKN berlokasi di Kecamatan Wonosalam dan terdapat 8 kelompok yang disebarkan di 7 desa yaitu Desa Wonosalam, Carangwulung, Panglungan, Galengdowo, Wonomerto, Jarak, dan Desa Sambirejo. 


Salah satu kelompok mahasiswa yang diterjunkan dalam KKN-T MBKM ini yaitu Kelompok 4 yang ditempatkan atau ditugaskan di Desa Musir Kidul, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

       Pada 18 Maret 2024 atau sehari sebelum kegiatan KKN di Desa Musir Kidul secara resmi dilaksanakan, Kelompok 4 telah melakukan survei lokasi terlebih dahulu yang ditemani oleh Kepala Desa Musir Kidul yaitu Bapak Adi Marsono, M. Pd bersama Perangkat Desa terkait sebagai pendamping Kelompok 4 selama melaksanakan kegiatan KKN-T MBKM di Desa Musir Kidul. 

Kemudian di tanggal 20 Maret 2024 Kelompok 4 melakukan kunjungan ke Kantor Desa Musir Kidul yang  disambut hangat oleh Kepala Desa Musir Kidul yaitu Bapak Adi Marsono, M. Pd  dan Perangkat Desa Musir Kidul. Dalam kunjungan tersebut, Kelompok 4 melakukan diskusi dan tanya jawab mengenai keadaan di Desa Musir Kidul, seperti potensi yang dimiliki serta permasalahan apa saja yang dihadapi oleh masyarakat Desa Musir Kidul sehingga selanjutnya Kelompok 4 akan menyesuaikan program kerja untuk memanfaatkan potensi Desa Musir Kidul lalu juga dapat membantu mengatasi permasalahan di Desa Musir Kidul.  

       Terdapat beberapa potensi yang dimiliki Desa Musir Kidul yaitu pada sektor makanan serta kebersihan lingkungan dan ekonomi. Potensi pada sektor makanan adalah terdapat produsen tape rumahan yang cukup terkenal yaitu Tape Semen Desa Musir Kidul. 

Kemudian di sektor kebersihan lingkungan dan ekonomi terdapat program Bank Sampah yaitu program yang dilaksanakan untuk pemilahan sampah antara sampah organik dan non organik. Sampah non organik dari masing-masing rumah di Desa Musir Kidul akan dikumpulkan oleh pengepul dan dihitung jumlah berat dan nominalnya yang kemudian akan diakumulasikan menjadi saldo dan dicatat dalam pembukuan Bank Sampah Desa Musir Kidul. 

Saldo yang terkumpul selama 1 tahun akan digunakan untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan oleh masing-masing rumah di Desa Musir Kidul. Sedangkan, untuk permasalahan yang dihadapi oleh Desa Musir Kidul yaitu di sektor perikanan, sektor kebersihan lingkungan, dan sektor pendidikan. 

Permasalahan pada sektor perikanan yaitu adanya kesulitan untuk menjual (memasarkan) ikan patin sebagai hasil dari budidaya ikan patin di Desa Musir Kidul. Penghasilan dari hasil penjualan ikan patin bahkan belum cukup untuk menutup biaya pakannya. 

Kemudian, di sektor kebersihan lingkungan Desa Musir Kidul permasalahannya yaitu masih kesulitan mengelola sampah organik dan non organik. Lalu untuk permasalahan pada sektor pendidikan yaitu minimnya pendidikan berkarakter bagi anak-anak terutama di TK Dharma Wanita II dan SD Negeri Musir Kidul.

      Bapak Adi Marsono, M. Pd selaku Kepala Desa Musir Kidul memberikan dukungan kepada mahasiswa Kelompok 4 untuk melaksanakan kegiatan KKN di Desa Musir Kidul, beliau juga berharap agar mahasiswa KKN-T MBKM Kelompok 4 dapat membuat program kerja untuk membantu mengatasi permasalahan di Desa Musir Kidul. Berdasarkan survei dan diskusi yang telah dilakukan, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan informasi bagi Kelompok 4 dalam menyusun program kerja dan melaksanakan KKN di Desa Musir Kidul. ANS

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungan Kelompok 4 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur ke Kantor Desa Musir Kidul

Trending Now