Edukasi Pencegahan Pernikahan Dini SMKS Muhammadiyah 4 Padangan

Admin JSN
28 Maret 2024 | 18.00 WIB Last Updated 2024-03-28T11:00:11Z


MALANG I JATIMSATUNEWS.COM:

Bojonegoro, 27 Maret 2024, SMKS Muhammadiyah 4 Padangan menjadi tuan rumah bagi seminar bertajuk "Like R," yang diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Bojonegoro bekerja sama dengan RS PKU Kalitidu. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan alat reproduksi dan pencegahan pernikahan dini kepada siswa-siswa sekolah menengah.

Kegiatan ini tidak hanya menyajikan sesi seminar, tetapi juga menghadirkan berbagai kegiatan interaktif yang menyenangkan bagi para peserta. Salah satunya adalah bermain fun game ular tangga serta tubuh body mapping, yang diikuti dengan antusias oleh peserta dan terbukti membantu mereka memahami materi yang disampaikan dengan lebih mudah.

Sebagai bagian dari acara, dilakukan pula layanan pemeriksaan kesehatan oleh petugas klinik kepada siswa, serta sesi konseling dan pemberian bingkisan. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga perawatan kesehatan yang diperlukan.

Acara ini dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah Alif Burhanus Sholikhin, yang kemudian diikuti dengan sambutan dari Ibu Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Bojonegoro, Siti Nurhayati. Salah satu sorotan utama dari seminar ini adalah pemaparan edukasi kesehatan di masa remaja oleh salah satu dokter dari RS PKU Kalitidu yang disampaikan dengan cara yang menarik dan informatif.

Seminar "Like R" di SMKS Muhammadiyah 4 Padangan menjadi bukti nyata dari kolaborasi yang kuat antara lembaga pendidikan, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga kesehatan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kesehatan reproduksi serta pencegahan pernikahan dini di kalangan remaja.

Like-R merupakan program edukasi dan penyediaan layanan tentang kesehatan seksual dan reproduksi serta penurunan stunting bagi kelompok remaja termasuk kelompok remaja rentan seperti remaja difabel, anak berhadapan dengan hokum, remaja tidak bersekolah, remaja di daerah pelosok.Tujuan diadakannya like-R ini ialah untuk meningkatkan derajat kesehatan remaja dan mendorong remaja sebagai penggerak upaya pemenuhan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduki Remaja (HKSR) serta penurunan stunting.

Terdapat 6 layanan Like-R yang disediakan di SMK M 4 Padangan, layanan self love, layanan edukasi, layanan nutrisi, layanan kesehatan reproduksi, layanan psikologi, dan layanan minat bakat. 

Penulis:  Indah Permata Sari.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Edukasi Pencegahan Pernikahan Dini SMKS Muhammadiyah 4 Padangan

Trending Now