Jahilnya Warga Sesudah Lihat Form C1 Hasil Salinan Dipasang, Sekejap Berantakan

Admin JSN
24 Februari 2024 | 06.41 WIB Last Updated 2024-02-23T23:47:38Z

 

Jahilnya Warga Sesudah Lihat Form C1 Hasil Salinan Dipasang, Sekejap Berantakan 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Diketahui C1 Hasil Salinan bisa dilihat oleh seluruh warga masyarakat.  Ditempel di tempat yang mudah diakses agar mudah pula diketahui untuk difoto dokumentasi. 

"C1 Hasil Salinan memang wajib ditempel agar warga masyarakat bisa mengetahui hasil hitung suara tingkat TPS di seluruh desa," ucap Khilmi Arif KPU Kabupaten Malang. 

Intruksi diberikan oleh PPK untuk dilaksanakan,  seharusnya usai penghitungan namun ada beberapa yang menahan hingga Pleno tingkat PPk agar tak ada kesalahan.

" Desa ini memang belum pasang sekarang, karena masih Pleno, " tutur Badrus Kasi Pelayanan Ngijo Rabu, 21/2/2024.

Dibenarkan ketua PPK Karangploso Amrozi,  menyatakan bahwa Ngijo masih Pleno saat itu.

"Ada 44 desa di Ngijo, ini masih Pleno," ucapnya.

C1 hasil Salinan memang menjadi perburuan masyarakat, terutama tim caleg yang ingin segera tahu kepastian. Akan tetapi pemasangan juga menjadi dilema ketika masyarakat tidak sekedar melihat. 

"Kayak gini  ini ulah warga, setelah liat  dilepas," keluh ketua PPK Ngantang Sudarmanto.

Beberapa foto desa-desa yang sudah memasang ditunjukkan. Salah satu menggambarkan betapa berantakan C1 Hasil Salinan yang sudah dipasang. 

Terhadap kejadian ini Khilmi Arif,  KPU Kabupaten Malang menyebut untuk memasang foto kopian saja dan minta pada petugas PPS untuk memperbaiki cara memasang agar mudah dilihat dan tidak mudah rusak.

"Yang dipasang itu harusnya yang fotokopian saja,  menghindari resiko rusak dan misal ada kejadian seperti ini.  Bagaimanapun C1 Hasil Salinan memang untuk difoto masyarakat. Jadi misal rusak bisa diperbaiki lagi," ucap Khilmi. Ans



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jahilnya Warga Sesudah Lihat Form C1 Hasil Salinan Dipasang, Sekejap Berantakan

Trending Now