Profil Desa Wisata Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Desa Wisata yang Indah dan Memiliki Banyak Kekayaan

Admin JSN
30 November 2023 | 17.02 WIB Last Updated 2023-11-30T10:02:50Z


Profil Desa Wisata Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Desa Wisata yang Indah dan Memiliki Banyak Kekayaan

WISATA | JATIMSATUNEWS.COM: Desa Kalipucang, Tutur, Kabupaten Pasuruan berwilayah di kaki Gunung Bromo. Sepanjang jalan terdapat hijaunya alam seperti perkebunan dan pepohonan yang masih sangat rindang. Banyak tanaman ditanam di perkebunan warga, seperti pohon cengkeh, pohon kopi dan pohon sengon. Dari beberapa pengakuan warga, produksi utama di desa kalipucang adalah produksi kopi, sedangkan cengkeh sudah tinggal sedikit dan sengon dimanfaatkan sebagai bahan baku meubel.


Beberapa pengakuan dari warga sekitar desa Kalipucang bahwa warga sekitar dibedakan menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok tani dan kelompok perah. Kelompok tani merupakan warga yang berdedikasi dan bekerja untuk bertani dan bercocok tanam seperti menanam kopi, pisang, rumput gajah, dan beberapa tanaman lainnya, sedangkan kelompok perah merupakan warga yang berdedikasi dan bekerja untuk mengelola sapi untuk diambil susunya sebagai komoditas. Desa kalipucang juga terkenal dengan beberapa produk UMKM nya seperti produk olahan susu yaitu susu segar, stik susu, dan yoghurt, lalu produk kopi seperti kopi bubuk robusta dan arabica.


Terdapat beberapa tempat wisata yang dapat di kunjungi di desa kalipucang, antara lain Eduwisata Kampung Susu, Mata Air Sumber Nyonya, dan Wisata Bukit Tumang. Desa Kalipucang masih sangat asri dan memiliki temperatur wilayah yang dingin sehingga cocok untuk dijadikan destinasi warga kota dengan temperatur panas. Masih banyak bisa dijumpai pepohonan yang rindang dan hutan yang hijau sehingga sangat memanjakan mata. Malam hari di desa Kalipucang sangatlah tenang tetapi tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas hingga larut malam dikarenakan desa Kalipucang masih relatif gelap di beberapa jalannya.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Profil Desa Wisata Kalipucang, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Desa Wisata yang Indah dan Memiliki Banyak Kekayaan

Trending Now