Sampai Melantai, Siswa santri Mansyaul Ulum Ganjaran Gondang Legi 3 Jam Sukses Menulis Cerpen

Admin JSN
13 Oktober 2023 | 14.28 WIB Last Updated 2023-10-13T11:29:12Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: PPL IAI, Praktik Lapangan Institut Agama Islam AL Qolam Malang Tahun 2023, mengadakan LABIRIN LITERASI 
Pelatihan Menulis Dengan Tema Berkarya dengan Menulis. Agenda dilaksanakan tanggal 12 dan 13 oktober. 

Jumat, 13 September 2023 merupakan jadwal pelatihan menulis cerpen. Narasumber oleh Anis Hidayatie, Ketua komalku, Komunitas Menulis Buku Indonesia yang juga pimpinan perusahaan JatimSatuNews. Media online dan cetak. 

Menyampaikan cara mudah menulis cerpen.
"Ada sepuluh langkah yang bisa ditempuh penulis untuk mudah menulis cerpen, yakni mulai menentukan tema hingga mendapatkan umpan balik," cetus Anis Hidayatie.

Mendapatkan perhatian penuh, siswa Madrasah Aliyah tersebut mencatat setiap penuturan penting dari Anis. Sesi tanya jawab menjadi ajang siswa santri mendiskusikan kesulitannya menulis cerpen. 

"Kalau saya menulis tentang kehidupan santri, kalimat awalnya enaknya gimana bu, " tanya salah satu peserta. 

Tak perlu lama Anis segera mrmberikan contoh kalimat yang bisa dipilih sebagai lead atau paragraf pembuka.

Berlangsung dari pukul 08.00 pagi, Miftah, moderator sekaligus Sekretaris panitia pelaksana menyebut bahwa kegiatan bertujuan memberi keterampilan menulis agar siswa yang juga santri ini tidak takut ikut lomba.
"Sekarangkan banyak lomba literasi, untuk saya ingin siswa yang juga santri ini semangat ikut, tidak takut lagi ikut lomba," tuturnya. 

Berlangsung hingga pukul 13.00 siang nampak para santri saking antusias sampai melantai (lesehan di lantai) demi menyelesaikan cerpen yang ditugaskan.ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sampai Melantai, Siswa santri Mansyaul Ulum Ganjaran Gondang Legi 3 Jam Sukses Menulis Cerpen

Trending Now