KPPN Malang Perkuat Kerjasama Dengan Pemkot Pasuruan Guna Memajukan Ekonomi Regional

Admin JSN
18 Oktober 2023 | 05.53 WIB Last Updated 2023-10-17T22:53:31Z
KPPN Malang Perkuat Kerjasama Dengan Pemkot Pasuruan Guna Memajukan Ekonomi Regional

MALANG| JATIMSATUNEWS.COM: Kunjungan kerja Muhammad Rusna selaku Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang ke Kota Pasuruan pada Selasa, 17 Oktober 2023 disambut langsung oleh Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo, S.T.P., M.Si di ruang kerjanya. 

Disampaikan oleh Muhammad Rusna bahwa kunjungan ini sekaligus perkenalan sejak dilantik sebagai Kepala KPPN Malang di bulan September lalu. Dijelaskan bahwa peran KPPN Malang sebagai treasurer (Bendahara Umum Negara) sangat strategis dalam menyalurkan dana APBN pada 5 Kabupaten/Kota termasuk didalamnya Kota Pasuruan.

Seiring dengan dinamika yang ada, KPPN Malang juga berperan sebagai Regional Chief Economist (RCE) yang melaksanakan analisis ekonomi regional dan Financial Advisory (FA) dalam wujud pembinaan pengelolaan keuangan daerah. “Peran tersebut tentunya menjadi bagian penting guna menjalin kemitraan yang strategis antara KPPN dengan Pemerintah Daerah” jelas Rusna.

Pada tahun 2023 dari total Rp 14,9 triliun yang dikelola KPPN Malang, khusus untuk Kota Pasuruan sampai dengan September 2023 telah disalurkan Rp 133 Miliar untuk Satker pusat yang berlokasi di Kota Pasuruan dan Rp441 Miliar untuk dana transfer ke daerah (TKD). Besaran TKD untuk Kota Pasuruan kontribusinya sekitar 70,3% dari total Pendapatan Daerah.

Wakil Walikota menyambut baik perluasan peran yang saat ini diemban oleh KPPN, dan akan terus meningkatkan koordinasinya dengan KPPN melalui berbagai forum salah satunya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang bertugas mengatasi permasalahan inflasi di didaerah. “KPPN diharapkan menjadi vitamin atau memberi support dalam dinamika ekonomi regional” lanjut Wakil Walikota. Dalam arahannya Wakil Walikota juga menginstruksikan jajarannya untuk mencermati data-data yang dimiliki oleh KPPN Malang sehingga dapat bermanfaat dalam pembahasan RAPBD tahun 2024 yang mulai berproses.

Di akhir audiensi disampaikan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan dan KPPN Malang siap untuk meningkatkan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini, sehingga mampu memberikan dorongan bagi kemajuan ekonomi kota Pasuruan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPPN Malang Perkuat Kerjasama Dengan Pemkot Pasuruan Guna Memajukan Ekonomi Regional

Trending Now