Dandim 0819/Pasuruan Ikuti Upacara Dalam Rangka Hut TNI Ke 78

05 Oktober 2023 | 18.51 WIB Last Updated 2023-10-05T12:46:32Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Aparat Gabungan yang terdiri dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) Angkatan Udara (AU) dan Polri serta kesatuan lain yang ada di wilayah Kota / Kabupaten Pasuruan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-78.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Yonkav 8/NSW/2/Kostrad, Desa Beji Kec. Beji Kab. Pasuruan, Kamis (5/10/23) dalam rangka HUT TNI KE 78 THN 2023 dengan moto "TNI PATRIOT NKRI" (Pengawal Demokrasi Indonesia Maju) dan sebagai Inspektur Upacara, Kolonel Marinir I Made Sukada S.E (Komandan Kolatmar Grati) yang diikuti ± 1000 orang.

Adapun Susunan Apel sebagai berikut :

1 SSR Perwira TNI, 1 SSK Kodim 0819/Pasuruan, 1 SSK Yonzipur 10/JP/2 Kostrad, 1 SSK Yonkav 8/NSW/2 Kostrad, 1 SST Puslatpur 3 Marinir Grati, 1 STT Kolatsus Grati, 1 SSR TNI AU Raci, 1 SST Pusdik Brimob Watuk Kosek, 1 SST Polres Pasuruan, 1 SST Polresta Pasuruan, 1 SST PNS Kodim 0819/Pasuruan dan PNS Minvet V/16 Pasuruan, 1 SSR Satpol PP Kab. Pasuruan, 1 SSR Banser Kec. Beji, 1 SST SMA Taruna Madani Bangil, 1 SST SMP 2 Kec. Beji, 1 SST Korsik Pemkab Pasuruan, Tank Leopard 10 Unit, Motor KL 150 CC 21 Unit

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut diantaranya : Kolonel Marinir I Made Sukada S.E (Komandan Kolatmar Grati);

Letkol Arh Noor Iskak S.T (Dandim 0819 Pasuruan), Letkol Mar Suprihati, S.S.H (Pasi Intel Kolatmar Grati), Letkol Mar Agus Hariyanto (Paspers Kolatmar Grati), Letkol Mar Edi Hermawan (Pasbangtik Kolatmar Grati), Letkol Mar Yudha Timor (Paslog Kolatmar), AKBP Bayu Pratama Gubunagi, SH. S.I.K., M.S.i. (Kapolres Pasuruan), AKBP Makung Ismoyo Jati S.I.K SH, Msi (Kapolres Pasuruan kota), Adi Wibowo S.E (Wawali Kota Pasuruan), H. Sudiono Fauzan S.Ag (Ketua DPRD Kab. Pasuruan), H. Ismail Marjuki SH (Ketua DPRD Kota Pasuruan), Yudha Triwidya Sasongko, S.Sos., Msi.(Sekda Kab. Pasuruan), Abdi Reza Pachlewi Junus. SH. MH. (Kepala kejaksaan negeri kab. pasuruan), Enan Sugiarto, S.H., M.H. (Ketua Pangadilan Negri Bangil), Bambang Hutabarat (Kepala Pengamanan Rutan Kelas II B Bangil), Mayor Kav Mochammad Nuril Ambiyah, S.H., M.I.P. (Danyonkav 8/NSW/2 Kostrad), Mayor Czi.Ali Isnaini S.E,M. (Danyon Zipur 10/JP/2 Kostrad), Mayor Arm M. Ridawan (Kasdim 0819/Pasuruan), Mayor Kav Edi Surnoto (Pabung Kodim 0819/Pasuruan), Kapten CPM Rifan (Dansup POM V Pasuruan), Jajaran Perwira Kodim 0819/Pasuruan, Jajaran Perwira Yonkav 8/NSW, Jajaran Perwira Yon Zipur 10/JP, Jajaran Perwira Kolatmar dan Puslatpur Grati, Jajaran PJU Polresta dan Polres Pasuruan, KH. Zajuli (Tokoh Agama), Luis Mariche (Sekretaris Pemuda Pancasila Kab. Pasuruan), Jajaran Forkopimda Kota dan Kab. Pasuruan, Jajaran Carat se Kab. Pasuruan dan Tamu Undangan dari berbagai Elemen Masyarakat.

Susunan acara Upacara HUT TNI ke 78 tahun 2023 sebagai berikut: Persiapan pasukan Upacara, Komandan upacara memasuki lapangan upacara, Laporan PA upacara kepada inspektur upacara, Inspektur upacara tiba di lapangan upacara, Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara, Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara dilanjutkan pemeriksaan pasukan, Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pengucapan Sapta Marga, Persiapan Penganugrahan tanda kehormatan Republik indonesia, Tanda kebesaran di buka, Pembacaan surat putusan Presiden, Tanda Kebesaran di tutup dengan Penganugerahan tanda kehormatan Republik indonesia. 

Penyampaian Amanat yang di sampaikan oleh Inspektur Upacara Kolonel Marinir I Made Sukada, SE bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Tema "TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU" ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Menghadapi spektrum ancaman ke depan yang semakin luas dan kompleks, tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan, yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan. Negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiliki daya getar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global."tegas Inspektur Upacara Kolonel I Made Sukada.

Masih Kolonel I Made Sukada melanjutkan "Sebelum mengakhiri amanat ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani yakni Tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas, Pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI, Laksanakan komitmen netralitas TNI Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini, Jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementrian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk, Jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum."pungkasnya.

Kegiatan upacara selesai dan dilanjutkan acara foto bersama sekaligus pemberian hadiah Lomba lomba antara tingkat SMA dan SMP dan SDN Kota wilayah dan Kota Pasuruan dan Kab. Pasuruan. Dan sebagai penutup acara adalah pemotongan Tumpeng oleh Kolonel Marinir I Made Sukada S.E (Komandan Kolatmar Grati).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dandim 0819/Pasuruan Ikuti Upacara Dalam Rangka Hut TNI Ke 78

Trending Now