7 Tahap E Voting, Elang Harits dan Pinkky Regita Ketua OSIS SMAN 4 Malang

Admin JSN
03 Oktober 2023 | 15.33 WIB Last Updated 2023-10-03T14:59:02Z


E Voting, Elang Harits dan Pinkky Regita Ketua OSIS SMAN 4 Malang 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Penghujung September, Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berlangsung di SMAN 4 Kota Malang. 

"Pekan Demokrasi SMAN 4 Malang 22 September lalu menghadirkan empat pasangan calon yang berkompetisi untuk memimpin OSIS periode 2023-2024," ujar bidang humas SMAN 4 Kota Malang 3/10/2023.

Elang Harits dan Pinkky Regita terpilih setelah melalui proses demokrasi E Voting. Kini, keduanya memimpin organisasi siswa di SMAN 4 Kota Malang. Sebuah sekolah menengah di depan balai kota  yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Hari Wahjono. 

Keempat pasangan calon yang berjuang untuk mendapatkan dukungan dari siswa kelas X, XI, dan XII adalah Ghiena Bilqis dan Rafi Adritya, Elang Harits dan Pinkky Regita, Doni Kurniawan dan Recha Nisfi, serta Syabani Larasati dan Najwan Jibran. 

Tentang pemilihan guru Sulton menjelaskan  bahwa Proses pemilihan ketua OSIS di SMAN 4 Malang terdiri dari 7  tahap, di antaranya:

1. Pendaftaran Calon: Siswa yang ingin mencalonkan diri sebagai Ketua OSIS harus mendaftar sesuai waktu yang telah ditentukan. Mereka juga perlu mengumpulkan dukungan berupa tanda tangan atau rekomendasi dari sesama siswa.

2. Kampanye: Calon-calon yang telah terdaftar memulai kampanye untuk mempromosikan diri mereka. Kampanye melibatkan penyampaian pidato, distribusi selebaran, poster kampanye, dan kegiatan lain yang memungkinkan mereka berkomunikasi dengan pemilih potensial.

3. Debat (Opsional): Di SMAN 4 Malang, debate Paslon OSIS sifatnya optional. Namun, dalam debat ini, pasangan calon berbicara tentang visi dan misi mereka, bahkan menjawab pertanyaan dalam Bahasa Inggris untuk menunjukkan kemampuan berbicara dalam bahasa asing.

4. Pemungutan Suara: Setelah periode kampanye, pemilihan dilakukan melalui pemungutan suara rahasia oleh seluruh siswa dan guru. Penggunaan sistem digital memudahkan perhitungan suara.

5. Penghitungan Suara: Suara dihitung untuk menentukan calon yang memenangkan pemilihan.

6. Pengumuman Pemenang: Pemenang pemilihan diumumkan pada saat Upacara Bendera di hari Senin, sehingga semua siswa dan staf sekolah dapat mengetahui hasilnya.

7. Pelantikan: Ketika pemenang terpilih diumumkan, mereka biasanya dilantik dalam sebuah acara khusus sebagai Ketua OSIS baru.

Dalam proses yang berjalan lancar dan tanpa kendala, pasangan calon nomor 2, Elang Harits dan Pinkky Regita, berhasil meraih dukungan terbanyak dan terpilih sebagai Ketua OSIS SMAN 4 Malang periode 2023-2024. Ans


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 7 Tahap E Voting, Elang Harits dan Pinkky Regita Ketua OSIS SMAN 4 Malang

Trending Now