3 Urusan Seseorang Tidak Wajib Menjawab Salam, Gus Bayhaqi Kadmi Tausiyah Maulid dan Wisuda TPQ Hidayatussibyan Pasuruan

Admin JSN
02 Oktober 2023 | 07.56 WIB Last Updated 2023-10-02T01:17:47Z


3 Urusan Seseorang Boleh Tidak Menjawab Salam, Gus Bayhaqi Kadmi Tausiyah Maulid dan Wisuda TPQ di Grati Pasuruan 

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Menggebrak sebagai pembicara tunggal dalam acara peringatan maulid nabi Muhammad SAW dan Wisuda TPQ Ulil Abror Grati di desa Karangkliwon Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan, Gus Bayhaqi Kadmi, ketua MWCNU kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Minggu 1 Oktober 2023 menyampaikan 3 hal tentang salam. 

"Ada 3 urusan yang seseorang boleh tidak menjawab salam," ucap Gus Bayhaqi dari atas panggung mengawali ceramah.

Sontak jamaah hening, beberapa mengernyitkan kening.  Ibu-ibu dan remaja putri nampak ada yang mencoba merespon meski dengan suara lirih yang tak terdengar Gus Bayhaqi. Tak menunggu lama Gus Bay menyampaikan penjelasannya.

Dibalut humor kelakar merespon kondisi jamaah di larut malam sekira pukul 21.00 wib,  Gus Bay menjelaskan bahwa  3 orang yang boleh tidak menjawab salam adalah pertama  orang yang ngantuk, kedua orang yang tidak bisa mendengar dan yang ke tiga yakni orang yang gila. 

"Orang tidur, orang budeg, dan orang gila atau Al Majnun tidak wajib menjawab salam," ujar Gus Bay disambut gerr jamaah.

Suasana kembali segar dengan paparan berbalut humor. Jamaah yang sebagian besar ibu-ibu wali santri TPQ tersebut bertahan takdzim hingga usai ceramah sampai doa di hampir ujung malam. 

Acara Peringatan maulid nabi Muhammad SAW dan Wisuda TPQ Ulil Abror Grati, desa Karangkliwon Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan diselenggarakan oleh Keluarga besar yayasan Hidayatussibyan. Diawali dengan rangkaian pembacaan Diba' dari santri TPQ setempat, penampilan memukau dan merdu dari pembawa lagu diba' diikuti  jamaah berlangsung sejak lepas isya'. 

Wisuda kelulusan santri TPQ hidayatus Sibyan menjadi lanjutan acara. Berbalut ujian lisan tipis-tipis dengan pemberian pertanyaan langsung cara membaca Al-quran oleh Ketua  Yayasan sekaligus ketua Panitia Ustadz Khotiman pada peserta wisuda, penampilan bocah-bocah TPQ tersebut cukup membuat kagum jamaah. Sebab jawaban tangkas tak ada salah diberikan merespon tiap pertanyaan ustadz Khotiman. Ans


Hingga acara usai, jamaah baru beranjak.  Salim sungkem pada kyai khas tradisi NU mewarnai sapa pamit akhir penyelenggaraan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 3 Urusan Seseorang Tidak Wajib Menjawab Salam, Gus Bayhaqi Kadmi Tausiyah Maulid dan Wisuda TPQ Hidayatussibyan Pasuruan

Trending Now