22 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Berwisata Ke Bandung

Eko Rudianto
15 Oktober 2023 | 06.21 WIB Last Updated 2023-10-15T00:04:22Z


ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM : Bandung seringkali menjadi tujuan banyak orang ketika berliburan, tentunya wisatawan harus mengetahui tempat yang cocok dikunjungi saat berwisata ke Kota Badung. Mulai dari destinasi wisata, kuliner, pusat perbenlanjaan, penginapan bahkan rest area saat perjalanan. Berikut kami catat beberapa tempat yang minimal wajib kalian kunjungi ketika berwisata ke Bandung.

Tempat-tempat yang disajikan berikut merupakan tempat yang cocok dikunjungi selama 5-7 hari ketika berada di Bandung antara lain, 


1. Rest Area KM 487 B Boyolali Jateng Dusun III, Gumukrejo, Kec. Teras, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57372

Tempat ini wajib kalian kunjungi saat perjalanan menuju Bandung, dengan tujuan untuk beristirahat dan menjaga keamanan mesin, disamping itu rest area tersebut nyaman dan bisa dijadikan rekomendasi. 


2. Rest Area Kendal "TRAVOY KM 389 B"

Jl. Tol Semarang - Batang, Jatirejo, Wungurejo, Kec. Ringinarum, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51356

Sama dengan rest area sebelumnya, namun biasanya rest area ini dijadikan tempat untuk mengisi BBM kendaraan.


3. RM Alas Daun - Bandung

Jl. Citarum No.34, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116

Saat tiba di Bandung yang perlu ada laksanakan adalah mengisi amunisi energi tubuh anda, biasanya jika berangkat pada malam hari dari Kota Malang, maka anda akan sampai di Kota Bandung esok paginya. Tentunya tempat ini sangat cocok menjadi tujuan pertama, tempat yang nyaman, masakan yang enak dan tentunya sudah buka pada pagi hari akan pas dengan schdule kita, kira-kita jam 6 sudah bisa kita nikmati makanan disini, mulai dari makanan ringan atau berat tersedia di Rumah Makan yang terletak 2 menit dari Gedung Sate ini. 


4. Hummingbrid Eatery & Space

Jl. Progo No.16, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Setelah mengisi tenaga, saatnya anda produktif di Kota Badung, cafe dengan konsep Coworking Space ini cocok untuk anda yang ingin mengadakan rapat kecil, mengerjakan tugas kantor atau hanya sekedar bersantai dengan nuansa resto yang aesthetic. 


5. Masjid Istiqamah Bandung 

Plaza Istiqamah, Jl. Taman Citarum, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Agar wisata kita terasa nyaman jangan lupa tetap menjalankan ibadah, bagi yang beragama islam banyak tempat ibadah yang bisa dituju, masjid ternama di kota Bandung Masjid Istiqamah misalnya. Tidak jauh dari cafe hummingbrid, jika jalan kaki hanya 5-7 menit. 


6. Hotel Santika Bandung

Jl. Sumatera No.52 - 54, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Berwisata dibandung lebih dari 3 hari jangan sampai memilih penginapan yang salah, selain budget anggaran penting juga menentukan lokasi yang strategis. Hotel Santika yang ramah dikantong dan juga terletak ditengah kota, ini tentunya sangat mempengaruhi kenyamanan anda beserta keluarga. 


7. Cocorico Fantasy Garden & Shinmen Japanese Resto

Jl. Bukit Pakar Timur No.19, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198

Cuaca terik panas matahari memang hanya cocok dinikmati ditengah kota dengan berdiam didalam kamar hotel untuk beristrahat untuk menyiapkan energi sore atau malam untuk berkeling Bandung, setelah itu sore hingga malam harus menentukan spot yang akan di kunjungi. Resto Cocorico cocok untuk menikmati hawa sejuk dan dingin diatas bukit yang memanjakan mata dengan pemandangan kota bandung dan sekitarnya dengan gemerlap lampu malamnya, dilengkapi dengan suasana ala Jepang, makanan ringan hingga berat, lantunan musik klasik bisa menjadi suasana semakin romantis bersama keluarga atau orang yang kita sayang. 


8. Gedung sate

Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Kali ini menuju destinasi bersejarah dan mengandung makna edukasi. Didalam gedung ini anda akan bisa melihat peradaban kota Bandung. Namun anda harus booking terliebih dahulu untuk bisa berkunjung ke gedung ini. Sedikit spil, 6 sate yang ada diatas gedung menandakan pembangunan kota Bandung khususnya gedung ini selama 6 dekade. 


9. Museum Konperensi Asia Afrika

Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Tak kalah dengan gedung sate, museum yang terletak di Jalan Asia Afrika Bandung ini sesuai dengan namanya, pernah digelar momen bersejarah disini, bersama para pemimpin negara se asia afrika, kali ini tidak akan dikupas secara detail sejarahnya, namun yang paling penting adalah kawasan ini termasuk kawasan yang menjadi cagar budaya indonesia, beruntung ketika anda bisa masuk lokasi ini. 


10. Nasi Bancakan 

Jl. Diponegoro No.25, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115

Kuliner selanjutnya yang wajib kalian cona adalah warung makan nasi bancakan, disini masakan rumahan nuasa yang kental, meskipun bisa memesan masakan resto. Tempat disetting seperti musem yang terdapat koleksi galeri tokoh sunda beserta sejarahnya. 


11. Orchid Forest Cikole

Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Wisata alam seluas 15.000 hektar wajib kalian kunjungi ketika berada di Kabupaten Bandung Barat. Hamparan pinus, tanaman anggrek orchid dan udara yang sejuk bisa kalian temui disini. Jangan khawatir ada kendaraan gratis dan wahana didalamnya yang bisa kalian nikmati. 


12. Resto Anak Pantai

Jl. Adi Sumarmo, Gedongan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57173

Kalau ini bisa kalian kunjungi ketika perjalanan pulang, kalian busa sambil istirahat dan mendinginkan mesin di Yol Karanganyar Jawa Tengah, meskipun harus keluar Tol terlebih dahulu, namun masakan khasnya bisa kalian rasakan, suasana semi outdoor sengaja dikonsep disini. 


13. Saung Pengkolan 2

No.81, Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Raya, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Warung makan satu ini cocok kalian kunjungi ketika berada di area wisata Lembang, bisa menjadi pilihan makan siang sebelum melakukan offroad area Hutan Cikole, karena disini biasanya jeep atau Hardtop memulai perjalanan offroadnya


14. Wisata Offroad Area Cikole

Jl. Raya Tangkuban Parahu No.58, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Wisata adventure ini wajib kaliab kunjungi ketika ke Lembang, selain kalian mendapatkan pengalaman mensusuri medan ekstrim kalian bisa menikmati dan melihat situs bersejarah seperti benteng pertahanan dan lain-lain. Waktu yang sangat cocok kesini adalah musim hujan. Tetap patuhi aturan tourguide terkai savety ya gais. 


15. Benteng Cikahuripan Lembang

Cikahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Selain penjara Soekarno di kawasan Banceuy, Kota Bandung dan peristiwa heroik Bandung Lautan Api, wilayah Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), diyakini menjadi salah satu daerah penting di masa perjuangan kemerdekaan, benteng ini dibangun dengan bentuk memanjang dan melingkar sehingga menjadi markas pertahanan militer. Benteng Belanda Cikahuripan merupakan tipe benteng yang didasari pada dikotomi geografis pedalaman, topologi budaya agraris, atau administratif (pusat kekuasaan dan daerah taklukan atau vasal).


16. Roemah Nenek

Jl. Tm. Cibeunying Sel. No.47, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Di rumah makan satu ini kalian wajib mencoba menu lalapan yang sangat enak, bumbunya sangat meresap dan dagingnya empuk. Nuansa rumah tempo dulu melengkapi jamuan makan kalian disini, cocok dikunjungi saat diner ramai-ramai bersama keluarga atau orang yang kalian sayang. 


17. Taman Cibeunying

Jl. Tm. Cibeunying Sel., Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40114

Tepat didepan rumah makan roemah nenek, kalian bisa mengunjungi taman ini, setelah makan berat di roemah nenek kalian bisa merasakan aneka jajan pasar disini, ada sepeda yang bisa kalian coba untuk mengelilingi taman ini, bisa kalian lakukan kunjungan kesini setelah atau sebelum ke rumah makan rowmah nenek. 


18. JCO Reserve Merdeka

Jl. Merdeka No.54, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Kalau ini pasti tak asing bagi kalangan anak muda kekinian bandung atau mahasiswa bandung, pasalnya tongkrongan ini menyajikan pelayanan yang exlusif, kalian bisa mengunjungi tempat ini sore hingga malam hari, sayangnya cafe ini akan close pada pukul 22.00 WIB


19. CFD Bandung

Jl. Dago No.120-118, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Bila kalian di Bandung pada hari minggu pagi, kalian wajib untuk bangun pagi, merasakan udara segar pagi dengan berjoging di (Car Free Day) CFD Bandung. Seperti CFD pada umumnya, CFD digelar disepanjang jalan besar di Bandung, tepatnya di jalan Dago. 


20. SPBU Rest Area Km 166 Tol Cipali

Rest Area Km 166 Tol Cipali, Surawangi, Jatiwangi, Surawangi, Kec. Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45454

Tempat rehat pertama ketika kalian pulang dari kota Bandung menuju Malang adalah Rest Area ini, biasanya disini digunakan untuk mengisi BBM, itu tandanya kendaraanmu memang sudah jauh mengelilingi kota Bandung sehingga harus diisi disini, lakukan segera pengisian ulang BBM kamu, dan lanjutkan perjalanan kalian dengan penuh kehati-hatian. 


21. Rest Area KM 275B Tol Trans Jawa

Sawah, Penarukan, Kec. Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah 52194

Memasuki Jawa Tengah, idealnya kamu harus istirahat disini untuk keamanan, baik energi tubuh maupun mesin kendaraan kamu, jangan khawatir di Rest Area ini tersedia lengkap, mulai dari resto, toilet, musholla hingga toko oleh-oleh 


22. Rest Area Tol Perhutani Saradan Km 626 B

Jl. Raya Saradan No.16, Pepe, Pajaran, Kec. Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur 63155

Nah, kalau yang terakhir ini adalah rest areaku yang terakhir setelah 3 jam perjalanan, pasti banyak yang bertanya ketika pulang mengapa keseringan berhenti. Sebagaian orang pasti tahu alasannya, disamping perjalanan pulang lebih melelahkan karena telah terkuras energi baik ketika berwisata maupun perjalanan, psikologi kita juga ikut terbawa suasana malam yang ngantuk dan letih, jadi saran kami, tidak masalah sering berhenti demi keselamatan.


Itulah rekam tempat yang pernah kami singgah selama perjalanan dari Malang ke Bandung maupun sebaliknya, tempat ini tidak mutlak di kunjungi karena situasi dan selera masing-masing orang berbeda, terlebih ketika anda tidak melalui jalan Tol makan dipastikan tidak bisa berhenti di rest area tol. Ulasan diatas juga belum mengulas tarif masuk setiap destinasi wisata, sebab akan kami ulas pada artikel selanjutnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 22 Tempat Yang Wajib Dikunjungi Saat Berwisata Ke Bandung

Trending Now