Spektakuler Parade Budaya Tosari, Himpaudi Persembahkan Joko Seger -Roro Anteng Tengger hingga Reog Ponorogo

Admin JSN
10 September 2023 | 05.59 WIB Last Updated 2023-09-12T06:11:10Z
Himpaudi Kecamatan Tosari. Mereka menghadirkan keindahan Budaya Jawa Timur

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Sabtu malam yang berkesan dan memukau hadir di jalan raya utama Kecamatan Tosari pada tanggal 9 September 2023. Parade budaya berlangsung hingga lepas senja, berhasil memukau warga Tosari Kabupaten Pasuruan dengan nuansa keindahan budaya Indonesia yang kaya. Peserta dari seluruh desa di kecamatan ini berpadu untuk menyuguhkan penampilan terbaik mereka.

Salah satu penampilan yang mencuri perhatian adalah dari Himpaudi Kecamatan Tosari. Mereka menghadirkan keindahan Budaya Jawa Timur dengan tarian-tarian tradisional yang memukau. Dalam penampilan mereka, terdapat tarian berkisah Joko Seger dan Roro Anteng Tengger, tari Remo, Gambyong Banyuwangi juga Reog Ponorogo.

Yang menarik, dalam parade ini, tarian-tarian yang biasanya ditarikan juga oleh para pria dalam kirab budaya ini kini dilakukan oleh wanita. Hanya ada enam pria dari 35 peserta yang tampil dalam parade ini, menunjukkan keikutsertaan semangat perempuan dalam melestarikan budaya. Salah satunya adalah penampilan tari Ganong yang ditarikan oleh duo Reni yakni Reni Pridawati, Ketua Himpaudi Kecamatan Tosari, dan Reni Kusumawati, seorang guru dari Kelompok Bermain dari Wonokitri.
"Saya sangat bersyukur atas  semangat kawan-kawan Himpaudi Tosari dan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota Himpaudi Kecamatan Tosari yang telah berpartisipasi aktif dalam hal tenaga pikiran dan materi,  serta dukungan dari Penilik PAUD Kecamatan  Tosari," ucap Ketua Himpaudi.

Kehadiran parade budaya ini tidak hanya menghibur warga Kecamatan Tosari, tetapi juga menjadi bukti nyata akan semangat melestarikan budaya Indonesia yang kaya dan beragam.

 "Malam yang penuh dengan tarian, musik, dan kostum tradisional ini berhasil mengukir kenangan indah yang akan dikenang oleh warga masyarakat Tosari," ucap Parji, salah satu warga Tosari.

Kontributor : Parji
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Spektakuler Parade Budaya Tosari, Himpaudi Persembahkan Joko Seger -Roro Anteng Tengger hingga Reog Ponorogo

Trending Now