Serikat Pekerja Deklarasikan Dukung untuk Anies – Cak Imin

Admin JSN
12 September 2023 | 17.06 WIB Last Updated 2023-09-12T10:06:10Z
Serikat Pekerja Deklarasikan Dukung untuk Anies – Cak Imin
JAKARTA | JATIMSATUNEWS.COM: Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) yang membawahi puluhan organisasi buruh secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon Presiden Anies Rasyid Baswedan dan calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar. 

Dukungan kepada Anies – Cak Imin merupakan keputusan Rapat Kerja Nasional II DPP KSPSI 2023, yang berlangsung di Hotel Peninsula, Jakarta, Selasa (12/9/2023)  

Keputusan Rakernas juga mewajibkan kepada seluruh pengurus dan anggota KSPSI di semua provinsi, kota dan kabupaten untuk memenangkan pasangan Anies- Cak Imin pada kontestasi Pilpres 2024..

Dalam aspirasinya, KSPSI menyampaikan sejumlah harapan untuk perbaikan sektor buruh. KSPSI juga menyampaikan penolakan terhadap UU Omnibus Law Cipta Kerja, mendorong menguatkan perlindungan terhadap pekerja migran, dan perluasan sektor lapangan kerja.

"Rekomendasi, mengurangi penempatan ART ke luar negeri, dengan memastikan lapangan pekerjaan di sektor pertanian, peternakan, kelautan, serta perikanan di daerah pedesaan," ujar Sekjen KSPSI Arif Minardi.

Aliansi Buruh Yogya 

Sebelumnya Anies juga sudah mendapat dukungan dari ribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Yogya (ABY), yang jadi wadah gabungan dari berbagai serikat pekerja dan buruh. Dukungan diberikan para buruh yang didominasi kaum perempuan usai mengikuti Forum Group Diskusi (FGD) yang digelar ABY.

Menurut Ketua Kegiatan FGD, Ruswadi, ada lebih dari 1.000 peserta yang hadir mewakili seluruh elemen buruh mulai dari buruh garmen, buruh tani dan tembakau, nelayan, ojol, dan pekerja UKM.
"Aliansi Buruh Yogyakarta berkumpul untuk merespon kebijakan omnibus law UU Ciptaker dan RUU Kesehatan yang telah merugikan nasib mereka," ujar Ruswadi kepada wartawan.

Di satu sisi, para buruh mengapresiasi kinerja Anies Baswedan dalam menaikkan upah pekerja DKI Jakarta, menyediakan transportasi murah, pendidikan gratis, dan sembako yang disubsidi.

"Aliansi Buruh Yogyakarta mendesak kepada pimpinan DPP konfederasi maupun federasi di Jakarta untuk segera mendeklarasikan dan mendukung H. Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden periode 2024 hingga 2029,” ujar Ruswadi.

Aliansi Buruh Yogyakarta ini sendiri terdiri dari DPD KSPSI, PD FSP NIBA, GIP, PD TSK, PD PGSI, PD Parekraf, FBI, DPD SPN, dan KSBSI.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Serikat Pekerja Deklarasikan Dukung untuk Anies – Cak Imin

Trending Now