Selaraskan Aspirasi Dari Tingkat Dusun, Desa Karangsari Malang Gelar Musdus Pra Musdes RPJMDES

Admin JSN
21 September 2023 | 21.26 WIB Last Updated 2023-09-22T00:30:41Z
PLD Kawal Musyawarah Dusun (MUSDUS) dalam rangka penyusunan RPJMDESA desa Karangsari, Bantur, Malang Periode Tahun 2023-2029
MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Musyawarah dusun atau Musdus adalah salah satu tahapan dari rangkaian proses perencanaan pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat. Musyawarah Dusun bertujuan untuk menggali permasalahan dan potensi di lingkungan dusun, yang mencakup bidang sosial budaya, ekonomi produktif warga dan sarana prasarana fisik lingkungan, dan mencari alternatif solusi atau pemecahan masalahnya. 

Pada tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) Musdus merupakan tahapan yang wajib untuk dilaksanakan sebelum diadakannya Musyawarah Desa (Musdes).

Bertempat di Rumah Kasun Krajan (19.09.2023) telah dilaksanakan Musyawarah Dusun (Musdus) dalam rangka penyusunan RPJMDesa Desa Karangsari periode tahun 2023 sampai dengan 2029. Musdus Dusun Gununggebang (20.09.2013) dan Dusun Gumukmas dilakukan pada Rabu (21/09/2023). 

Turut hadir dalam giat tersebut antara lain Pendamping Lokal Desa, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Tim RPJMDesa, BPD, RT dan RW Wilayah, perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Pendamping Lokal Desa Kang Halim menyatakan, Musyawarah Dusun ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan di lingkungan tingkat Dusun. 
"Jadi semua aspirasi warga bisa diserap dan hasil dalam Musdus ini dan akan di rekap oleh Tim penyusun RPJMDesa lalu diajukan kepada BPD dan Pemerintah Desa kemudian menetapkan usulan prioritas pembangunan yang akan menjadi bahan masukan dalam pelaksanaan forum Musdes dan Musrenbang Desa nanti," terang PLD Bantur Halim.

Rata rata di dusun Gumukmas Potensi masalah adalah jalan umum utama tapi terkendala lahan milik TNI sehingga Dana Desa tidak bisa mengkafer Jalan utama tersebut namun Pemerintah desa akan mengusahakan dari anggaran Lainnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Selaraskan Aspirasi Dari Tingkat Dusun, Desa Karangsari Malang Gelar Musdus Pra Musdes RPJMDES

Trending Now