Saking Antusias Ingin Selesaikan Novel, Ratusan Siswa SMP Arrohmah Putra Rebutan Ngacung

Admin JSN
30 September 2023 | 08.44 WIB Last Updated 2023-09-30T02:10:02Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM
- Ratusan siswa SMP Ar Rohmah Putra terlihat takzim menyimak narasumber,  nampak antusias, tak berkedip menatap narasumber ketika berbicara.

Adalah sebuah acara Program Literasi Workshop dan Coaching,  Penulisan dan Penyusunan Buku, bertajuk Write Your Story, Eternalize your memories,  SMP ar Rohmah Boarding School, Sabtu 16 September 2023 yang menyatukan ratusan siswa tersebut.

Dibuka oleh Host Ustadz Adi, acara dibuka oleh Kepala Sekolah Ustazd Syarif Hidayatullah. Pengantar dan komunikasi dengan bahasa Inggris mewarnai komunikasi di sekolah bilingual itu,  demikian pula Narasumber Anis Hidayatie, Ketua komunitas Menulis Buku Indonesia dan pemimpin Media online dan cetak JatimSatuNews juga menyampaikan dengan bahasa Inggris diselingi Bahasa Indonesia. 

Berlangsung sejak pukul 08.30 acara langsung dimulai dengan pembahasan karya tulis yang telah dibuat siswa. Anis Hidayatie,  selaku nara sumber  mengawali dengan melihat hasil karya siswa. Sebuah koreksi diberikan paragraf per paragraf. 

"Untuk kalimat upayakan tidak terlalu panjang, apalagi lebih dari 12. Perpendek dengan titik. Lagi, perhatikan penggunaan huruf kapital,  gunakan secara tepat. Contoh ini, di depan kalimat harus huruf besar," tuturnya. 

Sesi pertanyaan menjadi kehebohan tersendiri, hampir seluruh siswa mengacungkan tangan ketika ada tawaran.  

"Bagaimana caranya membuat ending," tutur salah satu penanya. 

Tersenyum Anis menjawab bahwa untuk menulis novel perlu membuat outline jika mau alur tertata hingga ending. 

"Buat outline, tentukan kemauan endingnya seperti apa, happy, sad, atau menggantung, tulis," ujar Anis.

Tak selesai hingga jelang duhur, akhirnya Anis memberi kesempatan kepada seluruh siswa menulis pertanyaan, dengan sebuah ujar nanti akan dijawab langsung di kertas pertanyaan.

Berakhir jelang sholat duhur Ustadz Adi menyebut hasil dari karya siswa seperti biasa akan diterbitkan dalam sebuah buku solo untuk kelulusan sekolah dengan isbn bagi karya terbaik.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Saking Antusias Ingin Selesaikan Novel, Ratusan Siswa SMP Arrohmah Putra Rebutan Ngacung

Trending Now