Pembukaan Pelatihan PPKB MGMP Mts Kabupaten Ngawi, Penguatan Strategi PBM

Admin JSN
19 September 2023 | 20.16 WIB Last Updated 2023-09-20T22:22:15Z

Pembukaan Pelatihan PPKB MGMP Mts Kabupaten Ngawi.

NGAWI | JATIMSATUNEWS.COM: Pembukaan Kegiatan Pelatihan PPKB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)  yang diselenggarakan oleh MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) - Pokja Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika Kabupaten Ngawi berlangsung Selasa, 12/9/2023.

Menurut penyelenggara acara ini bertujuan untuk memberikan penguatan strategi dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) kepada guru mata pelajaran MTs (Madrasah Tsanawiyah) di wilayah Kabupaten Ngawi.

Istimewa, pembukaan dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala Kankemenag Kabupaten Ngawi, Drs. Moh. Wahib, M.Pd, Kasubag TU, Drs. Surorto, M.Ag, Kasi Pendma Pujianto, S.Ag, M.Pd.I serta Ketua Pokjawas dan anggotanya para pengurus harian KKMTs Kabupaten Ngawi, Kepala MTsN se Kabupaten Ngawi,

pembina mata pelajaran dari masing-masing Pokja MGMP-Pokja, dan peserta PPKB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Pembukaan Kegiatan Pelatihan PPKB berlangsung di Rumah Makan Notosuman Watualang Ngawi, dimulai pukul 08.00 hingga 15.00. Acara ini diawali dengan seremoni pembukaan yang kemudian diikuti dengan pemecahan kelas sesuai dengan mata pelajaran masing-masing.

Pelatihan PPKB memberi pembekalan kepada guru agar dalam KBM Kegiatan Belajar Mengajar guru mampu mengajar dengan metode-metode yinih menarik.  

Selama kegiatan, unit pembelajaran (UP) yang telah ditentukan dari Dirjen Pendis dengan konsep Madrasah Reform dibahas secara mendalam. Pembelajaran dipimpin oleh fasilitator tiap mata pelajaran setelah acara pembukaan. Kegiatan ini dijalankan dengan metode IN-IN-ON-IN-IN-ON-IN.

Lokasi pelaksanaan pelatihan tidak terbatas hanya pada RM. Notosuman, tetapi jugay mencakup MTsN 4 Ngawi, MTsN 3 Ngawi, MTsN 5 Ngawi, dan RM Hj. Maimun di Jalan Ring Road Barat GOR Soekarno Hatta Ngawi.

Salah satu momen menarik adalah sambutan dari Kasi Pendma, yang memberikan materi tentang Moderasij Beragama dan Madrasah Ramah Anak. Materi ini bertujuan memberikan penguatan dan contoh penerapan Moderasi Beragama dan MRA terhadap peserta didik dan kegiatan di) madrasah. 

Dijelaskan pula tentang progam andalan besutan Pendma untuk ajang kompetisi bagi Madrasah di Kabupaten Ngawi.

"Tri Harokah, Madrasah Mandiri Berprestasi," tutur kasi Pendma dalam sambutan.

"Selain itu, dalam rangkaian PPKB Tahap 3 ini, seperti tahap-tahap sebelumnya, akan diadakan Studi Banding (STUBA) atau Observasi Lapangan (OL). Khususnya untuk MGMP-Pokja Bahasa Indonesia, akan ada pengumpulan karya selama kegiatan ON yang akan dijadikan Antologi dan diterbitkan," jelas Ketua MGMP-Pokja BIN, Ketua FK MGMP-MGBK jelas guru Maftuh Arfani, M.Pd dari MTsN 3 Ngawi pada JatimSatuNews. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembukaan Pelatihan PPKB MGMP Mts Kabupaten Ngawi, Penguatan Strategi PBM

Trending Now