Pawai Lampion HJB, Padat Merambat Ribuan Bocah Pujon Tumpah Ruah di Jalan Raya Unjuk Lampion

Admin JSN
16 September 2023 | 06.03 WIB Last Updated 2023-09-16T00:01:06Z

Pawai Lampion HJB,  Padat Merambat Ribuan Bocah Pujon Tumpah Ruah di Jalan Raya Unjuk Lampion

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Malam telah menyambut saat ribuan bocah bersiap ancang-ancang ikut kegiatan bertajuk Pawai Lampion HJB, Kamis 14/9/2023. Akan ikut pawai HJB an, bertepatan memperingati maulid nabi Muhammad SAW.

Persiapan dilakukan maksimal oleh panitia, start dari Jalan Raya Wiyurejo menuju ke lapangan Pandesari, tempat konser Sholawat HJB diadakan. 

Sofyan, Panitia Pawai lampion menyebut aturan yang harus ditaati peserta. 

"Semua peserta diijinkan membawa sound baik sebagai alat komando maupun mengiringi sholawat, tetapi pada waktu akan dinilai yaitu di depan KANTOR KECAMATAN maka semua sound dimatikan , karena yg dinilai sholawat secara langsung," ujarnya. 

Mengikuti instruksi, semua peserta sesudah magrib sudah menuju tempat pemberangkatan. Grup yang datang duluan langsung berada di ujung Jalan Wiyu mau masuk jalan raya, sedangkan yang datang berikutnya berada di belakangnya terus menerus.

Nampak, tim panitia pendaftaran  mendatangi grup-grup  untuk meregistrasi keikutsertaan dan memberi nomor urut jalan. Tercatat  34 grup ikut serta dengan dominasi mayoritas dari lembaga TPQ,  Taman Pendidikan Al-quran. 

Bocah-bocah santri memenuhi jalan raya,  diikuti ustadz, ustadzah dan wali pendamping. Rapi menaati aturan panitia,  ceria meski harus sabar menunggu giliran. 

"Gak papa,  setahun sekali Silaturahmi dengan TPQ lain se Pujon.  Malam hari jadi, tidak bingung kepanasan,  suasana enak, " tutur Icha salah satu wali santri TPQ AR Rokhim desa Ngroto yang ikut mengantar putrinya bersama wali murid lain. 

Perjalanan bagi peserta pawai cukup lancar meski pengakuan panitia mencapai ribuan. 

"Kalau melihat antusias malam ini sepertinya peserta mencapai 6000 an lebih, " tutur salah satu panitia laki laki yang mengatur perjalanan peserta di perempatan Pasar Pujon. 


Sebanyak 33 TPQ ikut serta dalam acara ini, termasuk TPQ Al Barokah, TPQ Al-Hikam, TPQ Nurul Hidayah Pandesari RT 38, TPQ Nurul Hidayah Watu Gong, TPQ Hidayatul Muta'adin Ngroto, TPQ Darussalam Pujon, TPQ Miftahus Sa'adah, TPQ Riyadlul Ulum, TPQ Darus Solikin, TPQ Anwarul Hidayah Ngroto, Al Hunafa' Pujon Lor, Alma'ruf Maron Pujon Kidul, TPQ Al-Mu'minat, Ar Rokhim Ngroto, TPQ Azzuhur, GAPSOL, TPQ Futuhiyah, TPQ Syifaul Qulub, Gab. TPQ Se Dadapan Wetan, dan Mushola Miftahul Huda Pujon Gesingan Gabungan juga TPQ Baitur Rohman Talasan - Sukomulyo.

Keadaan yang membuat malam di kota kecil Pujonterlihat lebih ramai dari biasanya. Penonton antusias di pinggir jalan raya,  bahkan rela lesehan  demi melihat peserta pawai. 

Dengan situasi seperti ini pengguna jalan memang harus ekstra sabar,  karena separuh jalan dibagi dua,  untuk dua arus berlawanan.  Padat merambat,  tapi tidak sampai macet. 

Berakhir di lapangan Pandesari,  Konser Sholawat HJB menyambut peserta untuk ikut bersholawat bersama pesholawat Hilmi Bin Jaffar Baroqbah.

"Alhamdulillah,  kami bahagia bisa ikut menjadi bagian pawai, menggemakan cinta Sholawat pada Rasulullah Muhammad," tutur Hindun, Kepala TPQ Darusalam Pujon yang datang dengan Lampion lampu hijau berbentuk kubah masjid. Ans 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pawai Lampion HJB, Padat Merambat Ribuan Bocah Pujon Tumpah Ruah di Jalan Raya Unjuk Lampion

Trending Now