Jambore Relawan BPBD Jatim Serta Launching Logo dan Kick Off Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur 2023

Eko Rudianto
23 September 2023 | 21.47 WIB Last Updated 2023-09-25T02:56:43Z


MAGETAN | JATIMSATUNEWS.COM : 
Jambore Relawan Penanggulangan Bencana serta Launching Logo dan Kick Off Rangkaian Kegiatan Hari Ke-78 Jadi Provinsi Jawa Timur yang digelar oleh Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Jawa Timur sukses digelar pada 22-24 September di Lapangan Nguntoronadi Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan Jawa Timur yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur.

Selain dihadiri oleh Gubernur Jatim Hj. Khofifiah Indar Parawansa nampak pula  Anggota Komisi 8 DPR RI Ina Amania, Sekda Prov Jatim Adi Karyono, Aks M. AP, Anggota Komisi E DPRD Jatim, Direktur Kesiapsiagaan BNPB RI, Bupati Magetan Dr. Drs. H. Soeprapto, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Magetan, Wakil Bupati Magetan Ibu Hj. Narik Sumantri, M.Pd, Anggota Forkopimda, Asisten dan Staf Ahli Gubernur Jatim, Kalaksa BPBD Jatim, Kepala OPD dilingkup pemerintah Provinsi Jatim, Pimpinan BUMD se-Jatim, Kepala BPBD Kab/ Kota Se-Jatim, Kepala OPD dilungkup pemerintah Kabupaten Magetan, Seluruh Relawan Se-Jawa Timur serta masyarakat Nguntoronadi. 

Untuk meningkatkan kapasitas, solidaritas serta kinerja para relawan terhadap kesiapsiagaan bencana, jambore tidak sekedar bentuk penghargaan pemerintah  tetapi sebagai wadah semangat kerelawanan masyarakat dan semua pihak untuk terlibat bekerjasama dalam menjawab tantangan bencana yang sering melanda di Jawa Timur. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adi Karyono A.Ks, M.AP selaku ketua panitia Peringata Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur mengatakan, sesuai UU Nomor 12 tahun 2023 Hari Jadi Provinsi Jawa Timur jatuh pada 12 Oktober, dimulai hari ini (23/9/2023) pada Jambore Relawan Penanggulangan Bencana, dengan mengusng tema "Jatim Bangkit, Terus Melaju" merefleksikan semangat dan tekad lembangunan jatim disegala aspek selain itu, segala kegiatan peringatan Hari Jadi ke-78 Jatim ini berkonsep melibatkan masyarakat sehingga berdampak langsung berdampak kepada masyarakat. 

Terdapat 3 kegaitan wajib serta 20 rangkaian kegiatan lainnya yang akan digelar mulai dari Jambore Relawan Kemanusiaan, Upacara , Ziarah dan Tabur Bunga kepada Gubernur sebelumnya yang telah wafat, Pesta Rakyat, Jatim Festival, Fun Bike, Pagelaran Wayang Kulit, Jalan Sehat, Festival Budaya, Karapan Sapi, Jatim Berholawat, Is Java Fashion Harmoni, Grak Jalan Unjuk Suro dan puluhan kegiatan lainnya.

Total Peserta pada kegaitan Jambore Relawan Penanggulangan Bencana ini diikuit oleh 164 organisasi dan berjumlah 1250 orang serta masyarakat se Kecamatan Nguntoronadi.

Bupati Magetan mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada semua partisipan yang hadir pada acara ini. 

"Selamat datang di lereng gunung lawu, kabupaten di paling ujung provinsi jawa timur, diakhir masa jabatan yang kurang 3 jam ini saya diantarkan oleh ibu Gubernur" ujar Soeprapto

Soeprapto juga mengungkap sejarah bahwa Gubernur pertama Jawa Timur Gubernur Soerjo adalah putra daerah Magetan dan Hari Jadi Jawa Timur sama dengan Hari Jadi Magetan. 

Selain itu pada kegiatan ini dilaksankan penyerahan simbolis 1 unit mobil opersional lapangan dari direktur Kepatuhan PT. Bank Jatim Tbk kepada Kalaksa BPBD Provinsi Jatim, Penyerahan bibit kepada 9 kepala desa yang ada di kecamatan Nguntoronadi setiap desa diberi 5 jenis tanaman yakni, nangka, durian, kelengkeng, alpukat  dan rambutan dengan jumlah total 2425 tanaman.

Acara ditutup dengan sholawat yang dipandu oleh Gubernur serta penekanan tombol launching rangkaian peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur dan hiburan rakyat oleh pelawak legendaris kartolo.









Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jambore Relawan BPBD Jatim Serta Launching Logo dan Kick Off Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur 2023

Trending Now