Desa Sidogiri Upayakan Penurunan Stunting Melalui Kasih Bersanding Mesra, Keluarga

13 September 2023 | 10.48 WIB Last Updated 2023-09-13T03:48:14Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM:

Desa Sidogiri, Rabu 12 September 2023 - Dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Desa Sidogiri  program inovatif berjudul "Kasih Bersanding Mesra, Keluarga Bersih Bersama Sadari Stunting Menuju Keluarga Sejahtera," menjadi sebuah upaya Desa Sidogiri menuju Zero Stunting. 

"Pos Yandu Stunting di desa Sidogiri berperan penting dalam memberikan penyuluhan dan solusi kepada para ibu balita," tutur Istri Kades Sidogiri Dewi Rodeyah didampingi  bidan desa. 

Menurut Bidan desa Ninik, beberapa penyebab meningkatnya angka stunting antara lain adalah kurangnya pengetahuan ibu tentang gizi dan kurangnya pemahaman tentang peran Pos Yandu. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, sekarang banyak ibu yang mulai sadar akan pentingnya Pos Yandu.

Bidan Ninik Tri Istanti mengungkapkan bahwa salah satu kunci kesuksesan program ini adalah memberikan penyuluhan dengan bahasa yang bisa dipahami oleh para ibu. Dengan pendekatan yang tepat,  memberikan informasi tentang tumbuh kembang anak dan cara menyajikan makanan yang sesuai untuk balita stunting berjumlah sekitar 15 orang yang berusia 2-3 tahun.

Program ini juga memberikan bantuan susu dan jus buah kepada setiap keluarga yang memiliki balita stunting setiap bulannya, dengan setiap keluarga menerima 400 gram SGM. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi anak-anak sehingga mereka dapat tumbuh dengan sehat dan terhindar dari stunting.

" Dengan kolaborasi antara Pos Yandu Stunting, bidan desa, dan keluarga-keluarga di Desa Sidogiri, diharapkan angka stunting akan terus menurun dan membawa keluarga menuju sejahtera," ucap Dewi Rodeyah pada Jatim Satu News Rabu 13/9/2023.(ans)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Sidogiri Upayakan Penurunan Stunting Melalui Kasih Bersanding Mesra, Keluarga

Trending Now