Megah! Karnaval Kemerdekaan di Desa Rowo Gempol Pasuruan

Admin JSN
12 Agustus 2023 | 16.04 WIB Last Updated 2023-08-12T09:04:49Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Desa Rowo Gempol yang terletak di kecamatan Lekok, kabupaten Pasuruan, telah menggelar karnaval spektakuler pada tanggal 12 Agustus 2023 sebagai bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak kurang dari 11 desa di wilayah kecamatan Lekok turut serta dalam acara tersebut, menciptakan suasana meriah yang tak terlupakan.

Pukul 13.00 siang, pendopo Balai Desa Rowo Gempol menjadi titik awal karnaval yang begitu dinantikan ini. Warga desa dan penduduk sekitar tidak dapat menyembunyikan antusiasmenya, terlihat dari animo yang meluap sepanjang jalur karnaval. Acara ini bukan hanya sebuah hiburan semata, tetapi juga memiliki makna mendalam sebagai wujud penghormatan terhadap nilai-nilai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa.

Azizah, seorang staf dari kecamatan Lekok, mengungkapkan pentingnya mempertahankan tradisi karnaval ini. 

Ia mengatakan, "Karnaval ini sarat dengan makna kemerdekaan. Bagi para peserta, pengalaman ini sangatlah menarik karena merupakan pengalaman pertama bagi banyak dari mereka."

Menurut Abdul Ilham, seorang warga Desa Rowo Gempol, karnaval ini memberikan harapan dan mengatasi rasa kerinduan yang dirasakan oleh banyak orang setelah melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19. 

"Kami berharap karnaval ini dapat meningkatkan nilai-nilai budaya dan menjadi penghubung emosional untuk melupakan kerinduan selama masa pandemi," ungkapnya.

Bagi Ilham dengan semangat kemerdekaan yang berkobar dan semangat untuk merayakan hidup setelah masa sulit, karnaval di Desa Rowo Gempol telah memberikan pesan kuat tentang kebersamaan dan optimisme dalam menghadapi masa depan. Perayaan ini bukan hanya memeriahkan Hari Kemerdekaan, tetapi juga menjadi simbol kekuatan masyarakat dalam mengatasi cobaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Megah! Karnaval Kemerdekaan di Desa Rowo Gempol Pasuruan

Trending Now