Inspiratif Admiral Dicky Pasuruan, Dahulu Penyuluhan Sampai Malaysia, Kini Penyuluhan Di Pinggiran Jalan

07 Agustus 2023 | 14.47 WIB Last Updated 2023-08-09T02:45:48Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, seorang Pemuda Inspiratif bernama Admiral Dicky Fahrurriza telah menarik perhatian sebagai Penyuluh Agama Islam (PAI) dengan fokus pada kelompok rentan. Admiral Dicky berhasil masuk ke dalam 10 nominasi terbaik Penyuluh Agama Islam Award nasional tahun 2023 mewakili Provinsi Jawa Timur, kategori Pedampingan Kelompok Rentan.

Admiral Dicky telah melakukan pendampingan dan pencerahan pada tiga kelompok yang sering terpinggirkan: Anak Jalanan, Punk, dan Homoseksual. Keterlibatannya dengan kelompok homoseksual dimulai dari pelanggan barbershop yang dia kelola di Jalan Raya pertigaan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Sementara itu, dia juga sering bertemu anak jalanan dan punk di dekat rumahnya, di mana mereka berkumpul untuk mengamen saat lampu merah. Keberadaan kelompok ini sering menimbulkan ketegangan di lingkungan sekitar.

Namun, Admiral Dicky berusaha memberikan solusi dengan dakwah yang menggembirakan. Pendekatannya berfokus pada saling mengenal dan memahami antara dirinya dan kelompok rentan tersebut. Berawal dari makan dan minum kopi bersama hingga berbagi cerita, dia menciptakan chemistry yang menguatkan hubungan dengan mereka. Dari sini, Admiral Dicky berusaha membawa mereka ke arah yang lebih baik, baik dari segi agama maupun aspek lainnya.

Ternyata, penyuluhan kelompok rentan bukan hal baru bagi Admiral Dicky. Selama 10 tahun terakhir, dia telah aktif dalam menyuluh masyarakat kategori rentan, bahkan melakukan kegiatan pemberdayaan dan penyuluhan komunitas TKI ilegal di Klang, Malaysia. Pada kesempatan lain, bersama Kemenkomaritim, dia juga pernah memberikan penyuluhan di wilayah perbatasan Jawa Timur-Kalimantan, tepatnya di Pulau Karamian, dengan perjalanan yang memakan waktu 3 hari.(ans)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inspiratif Admiral Dicky Pasuruan, Dahulu Penyuluhan Sampai Malaysia, Kini Penyuluhan Di Pinggiran Jalan

Trending Now