Wagub Emil Akui Kadang Kucing-kucingan dengan Dinas Atasi Masalah Pungutan

Admin JSN
09 Juli 2023 | 15.39 WIB Last Updated 2023-07-09T11:05:04Z

 Wabup Emil Akui Kadang Kucing-kucingan dengan Dinas Atasi Masalah Pungutan

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Memberikan sambutan pada penutupan Mukernas Rabithah Alawiyah 2023 Minggu 9/7/2023, Wagub Emil Dardak menyinggung tentang biaya pendidikan SMA dan SMK di Jawa Timur. Menyebut bahwa menggratiskan iuran wajib untuk sekolah negeri dan memberi bantuan khusus untuk swasta. 

"Untuk SMK Negeri kami membebaskan murid dari Iuran wajib. Jadi tidak boleh ada Iuran wajib," ujar Wagub Jatim Emil. 

Dalam hal ini Wagub mengakui ada yang protes soal iuran, ditegaskan Wagub itu  adalah oknum. 

"Padahal Oknum itu. Seakan-akan itu wajib padahal itu sukarela dan tiap kali ada yang ngadu ke saya, saya sampaikan ke dinas," ujar Wadub Emil. 

Hasil tidak nampak masalah selalu muncul,, sehingga oknum tidak terdeteksi dan masalah yang diproteskan tidak mencuat,  seolah tak ada apa-apa. 

"Tiapkali ada yang ngadu ke saya, saya sampaikan ke dinas tahu - tahu beres masalahnya. Ini yang kami masih kucing-kucingan. Menjadi Kegundahan saya, sama sekali tidak ada maksud saya membuat jurang antara sekolah swasta dan negeri," papar Wagub. 

Selanjutnya Wagub menyebut kenyataan bahwa 60% dari murid-murid ini justru bersekolah di swasta ditambah sekarang memang menerapkan sistem zonasi.

"PR kami adalah bagaimana siswa-siswi yang tidak mampu atau tidak terlalu mampu bisa sekolah, tanpa terbebanisasi beban biaya," lanjutnya. 

Dijelaskan pula tentang bantuan penunjang operasional biaya penyelenggaraan pendidikan semacam Bos biaya operasional sekolah tapi diberikan kepada sekolah-sekolah swasta. 

"Jadi kalau dari Kementerian Dapat Bos dari kami ada Bos lagi, nah tujuan harapannya supaya kami tidak terlalu menciptakan jurang antara perhatian kami kepada sekolah negeri maupun sekolah swasta," urainya.

Sementara itu, dalam wawancara khusus dengan JatimSatuNews Wagub menyebut dukungan khusus terhadap dunia pesantren khususnya santri. 

"Prestasi santri menjadi kebanggaan luar biasa bagi kami pemerintah provinsi. Bahkan saking besarnya perhatian dari Gubernur kepada program seperti Pesantren, kami mengapresiasi melalui beasiswa beasiswa kepada segenap  elemen santri. Diantaranya juga untuk Madrasah Diniyah, beasiswa sampai jenjang pasca sarjana juga diberikan bahkan yang berpartisipasi di dalam olimpiade olimpiade sains baik yang umum maupun yang khusus. Untuk Madrasah ini juga tentunya ada perhatian khusus yang diberikan kepada mereka yang meraih prestasi di ajang-ajang tersebut," papar Emil. 

Berlangsung di Pasuruan, Hadir pada prnutupan Mukernas Rabithah Alawiyah 2023 bertema Membangun Sinergi untuk Kemaslahatan Alawiyyin adalah Walikota Syaifulloh Yusuf,  9/8/2023. Sedangkan acara pembukaan dilakukan  pada tanggal 8/7/2023 dihadiri oleh Plh Bupati Pasuruan KH Mujib Imron dengan sambutan pembuka Habib Taufik bin Abdul Kadir Assegaf pengasuh Pondok Sunniyah Salafiyah Pasuruan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wagub Emil Akui Kadang Kucing-kucingan dengan Dinas Atasi Masalah Pungutan

Trending Now