Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah STAINU Madiun Sukses Selesaikan Magang

Admin JSN
05 Juli 2023 | 02.33 WIB Last Updated 2023-07-04T19:33:03Z


 Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah STAINU Madiun Sukses Selesaikan Magang 

MADIUN | JATIMSATUNEWS.COM: Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dari Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Madiun merayakan penutupan magang mahasiswa semester IV dengan sukses, 3/7/2023.

Acara penutupan dihadiri  berbagai pihak, termasuk Ketua Pengadilan Agama (PA), Sekretaris PA, Dosen Pamong, perwakilan dari Ketua STAINU yang diwakili oleh Waket 1 Bidang Akademik, Dosen Pembimbing, dan mahasiswa magang itu sendiri. Berlangsung meriah dan penuh semangat.i

Dawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an sebagai ungkapan rasa syukur dan doa atas berakhirnya masa magang. Salah satu mahasiswa magang Sholihah, mewakili mahasiswa lainnya, mengungkapkan rasa terima kasih kepada PA Kabupaten Madiun yang telah menerima mereka dengan tangan terbuka dan memberikan bimbingan yang berharga. 

"Kami sangat mengapresiasi suasana hangat dan kekeluargaan di lingkungan PA Kabupaten Madiun," ucap Sholihah. 

Para mahasiswa juga memberikan penghargaan kepada Dosen Pamong Suharno atas sikap rendah hati, disiplin, dan ketegasannya. 

Saat magang mahasiswa mengungkapkan merasa diberikan kesempatan yang luas untuk mempelajari proses peradilan dan teori hukum terkait dengan Praktek Peradilan. Mereka juga meminta maaf apabila terdapat tindakan atau kata-kata yang kurang berkenan selama mereka menjalani magang di lingkungan PA Kabupaten Madiun.

Sambutan dari Ketua STAINU diwakili oleh Nuryanto Waket 1 Bidang Akademik, menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh keluarga besar PA Kabupaten Madiun, baik pejabat struktural maupun fungsional, yang telah dengan sukarela mentransfer ilmu kepada mahasiswa-mahasiswa STAINU dan membimbing mereka dalam memahami proses beracara di PA Kabupaten Madiun. 

Waket Nuryanto juga menekankan pentingnya menjalin silaturahmi dengan keluarga besar PA Kabupaten Madiun sebagai langkah memperluas jejaring dan memperoleh peluang bekerja di pengadilan di masa depan. 

"Hal ini sejalan dengan tujuan utama dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah, yaitu meluluskan mahasiswa yang siap bekerja di pengadilan sebagai hakim, panitera, jaksa, maupun advokat," jelas  Waket Nuryanto. 

Selanjutnya disampaikan harapan agar kegiatan magang ini dapat terus dilanjutkan oleh STAINU Madiun dan PA Kabupaten Madiun pada tahun-tahun mendatang.

Acara penutupan juga dihadiri oleh Ketua PA Syarkasyi, M.H menyampaikan rasa terima kasih kepada STAINU Madiun atas kepercayaan yang diberikan kepada PA Kabupaten Madiun sebagai tempat magang atau Praktek Lapangan bagi mahasiswa Prodi HES. 

Ketua PA Zarkasyi berharap ilmu yang didapatkan di PA bisa terserap dan bermanfaat bagi mahasiswa, sehingga setelah lulus mereka dapat menjadi ahli hukum yang mampu membantu masyarakat dalam mencari keadilan hukum. 

Harapan lain juga disampaikan agar lulusan dapat menjadi konsultan hukum dan memberikan penyuluhan hukum Islam di lingkungan mereka. 

Pada kesempatan tersebut ketua PA Zarkasyi juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama sebulan tersebut ada hal-hal yang kurang berkenan atau kurang nyaman dalam pelayanan dari PA Kabupaten Madiun. Ia berjanji untuk menyambut dengan baik jika kampus STAINU Madiun ingin kembali menjadikan PA Kabupaten Madiun sebagai tempat magang.

Terakhir, ketua PA berharap semoga kesehatan senantiasa diberikan agar silaturahmi yang baik ini dapat terus terjalin.

"Dengan penutupan magang ini, diharapkan para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dan menjadikannya bekal yang berharga dalam menghadapi dunia kerja. Kerjasama yang baik antara STAINU Madiun dan PA Kabupaten Madiun diharapkan terus ditingkatkan untuk melahirkan generasi penerus yang siap mengabdi dalam bidang hukum," terang Ketua PA Zarkasyi. Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah STAINU Madiun Sukses Selesaikan Magang

Trending Now