Capaian Gemilang Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya Januari - Juli 2023

Admin JSN
22 Juli 2023 | 19.31 WIB Last Updated 2023-07-22T12:35:33Z


Capaian Gemilang Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya Januari - Juli 2023
SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: 21 Juli 2023 - Kejaksaan Negeri Tanjung Perak telah mencatatkan prestasi gemilang dalam kinerjanya selama periode Januari hingga Juli 2023. Capaian-capaian positif tersebut mencakup berbagai bidang yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi masyarakat dan pembangunan strategis di Kota Surabaya.


Bidang Pembinaan menjadi salah satu andalan Kejaksaan Negeri Tanjung Perak. Selain berhasil menghimpun dana dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebesar Rp. 692.586.000,-, yang mengalami peningkatan hingga 90% dibandingkan tahun sebelumnya, bidang ini juga melaksanakan berbagai pelatihan dan diklat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pelatihan Super Team Building dengan tema "Together to be Stronger" berhasil memperkuat sinergi internal, sementara Diklat Restorative Justice, Pelatihan Pengelolaan Tata Naskah, dan lainnya meningkatkan kompetensi pegawai.


Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Tanjung Perak juga turut berperan aktif dalam mengawal pembangunan strategis di kota ini. Program Pengamanan Pembangunan Strategis (PPS) telah dilaksanakan untuk memastikan kelancaran dan keamanan pembangunan, termasuk di antaranya Pembangunan Rumah Pompa Undaan dan saluran jalan Kamboja, serta Pembangunan Jalan hutan Pakal. Selain itu, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak melakukan terobosan dalam pencegahan tindak pidana korupsi dengan Jaksa Masuk Pesantren dan Dongeng Hukum Bersama Jaksa yang melibatkan anak-anak sekolah dasar, memberikan pemahaman tentang hukum secara unik dan interaktif.


Bidang Pidana Umum juga memberikan kontribusi signifikan dengan menuntut hingga mengeksekusi 534 perkara dan melakukan pendekatan Restorative Justice pada 25 perkara. Sementara Bidang Pidana Khusus fokus pada Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan telah berhasil melimpahkan laporan masyarakat terkait pungutan liar (Pungli) dan melakukan penyelidikan serta tahap penuntutan pada perkara tindak pidana korupsi yang melibatkan potensi kerugian keuangan negara sebesar milyaran rupiah.


Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Negeri Tanjung Perak juga telah melaksanakan fungsi bantuan hukum secara litigasi maupun non-litigasi, berhasil menyelamatkan aset dan barang milik daerah senilai miliaran rupiah dan melakukan penagihan piutang pajak daerah dan retribusi daerah.


Tak ketinggalan, Bidang Barang Bukti juga ikut berkontribusi dengan pemusnahan 417 perkara inkrach, terutama perkara Narkotika yang telah berhasil menyita berbagai jenis barang bukti berbahaya.


Seluruh capaian ini menandai kesungguhan dan komitmen Kejaksaan Negeri Tanjung Perak dalam memberantas kejahatan, mewujudkan keadilan, serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Melalui berbagai program dan upaya yang inovatif, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak terus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan pelayanan hukum yang berkualitas bagi masyarakat Kota Surabaya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Capaian Gemilang Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya Januari - Juli 2023

Trending Now