Bukan Hanya Suply Darah Manusia, PDDI Kota Malang juga Peduli Darah Bumi

Admin JSN
31 Juli 2023 | 05.57 WIB Last Updated 2023-07-30T23:29:07Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Berbeda dari umumnya,  Perhimpunan Donor Darah Lestari (PDDI) di Kota Malang tidak hanya bergelut dengan darah manusia namun juga peduli dengan darah bumi. Hal ini nampak dalam aksi penyemaian bibit bambu dan aneka buah di Campus Biodiversity Forest UIN Maliki Malang Precet Batu pada Minggu, 30 Juli 2023.

Nampak hadir Wakil Ketua PDDI Puryadi dan Panitia Pelaksana Sih Sugeng beserta pengurus PDDI lainnya, termasuk pecinta alam Pinesswara, hadir dalam acara tersebut. 

Disambut oleh Cak Ndan dari UIN Kampus III, Cak Ndan F. Harianto adalah Founder Alamku Hijau sekaligus Ketua Baskomas
kegiatan langsung fokus aksi penanaman di lokasi belakang Fakultas Kedokteran UIN Maliki begitu rombongan sekitar 30 an anggota dan pengurus PDDI serta Vinecwara datang. 

Tentang kegiatan, Ketua PDDI Kota Malang, Puryadi, menjelaskan bahwa kegiatan penanaman bibit ini merupakan wujud kepedulian PDDI terhadap lingkungan hidup. 

Selain mendukung suplai darah melalui donor darah, PDDI juga memberi perhatian terhadap kelangsungan hidup tumbuhan sebagai sumber oksigen bagi manusia dan darah bagi bumi untuk menjaga keberlangsungan oksigen.

"Selain support Suply darah dengan donor darah,  kami juga peduli dengan kelangsungan hidup tumbuhan di bumi, sebagai oksigen manusia, darah bagi bumi untuk menjaga keberlangsungan oksigen terus ada, " ujar Puryadi 

Adapun Bibit buah yang ditanam diperoleh dari donasi petani bibit buah yang kebetulan juga merupakan pengurus PDDI. Diketahui Saat ini, sudah ada ratusan bibit yang ditanam dengan dukungan dari BTS (Bromo Tengger Semeru) kegiatan hari ini adalah penyulaman. 

Saat aksi Minggu Bibit buah koleksi dari stan penjualan di Teluk Pelabuhan Ratu 73 Arjosari Malang juga ikut dibawa, termasuk durian, mangga, sirsak, apukat, dan rambutan, serta beberapa bibit bambu.

"Kalau yang sudah ditanam sebetulnya ratusan,  support dari BTS, Bromo Tengger Semeru.  Sedangkan yang sekarang saya bawa ini bibit buah  koleksi saya dari stan penjualan di teluk pelabuhan ratu 73 Arjosari Malang.  Ada durian mangga sirsat apukat mangga rambutan, selain kawan-kawan bawa bibit bambu," tutur seorang pengurus wanita. 

Ketua Panitia Pelaksanaan, Sih Sugeng, menyatakan bahwa nantinya bibit akan dipindahkan setelah musim hujan tiba. Selain bibit bambu, terdapat beberapa tanaman buah yang akan dipindahkan, termasuk durian, mangga, sirsak, dan jambu.

"Selain bambu, ada beberapa tanaman buah yang nantinya setelah musim hujan akan dipindahkan. Nyemai bibit bambu, sebelahnya tetap di polybag bibit durian terus campuran mangga, sirsak, jambu, ada 3 baris," jelasnya ketika Wakil Ketua Puryadi menanyakan penanaman. 

Dilaksanakan dari pukul  08.30 - 12.00  pelaksanaan penanaman bibit berlangsung penuh ceria. Pengurus PDDI yang mengenakan kaos abu-abu merah nampak semringah begitu bibit tertanam. ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bukan Hanya Suply Darah Manusia, PDDI Kota Malang juga Peduli Darah Bumi

Trending Now