Tlogosari Culture Festival Pemuda Peduli Desa

Admin JSN
05 Juni 2023 | 05.57 WIB Last Updated 2023-06-04T23:00:35Z

 

Tlogosari Culture Festival Pemuda Peduli Desa

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Bertempat di Dusun Yitnan, Desa Tlogosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan baru saja “nduwe gawe’, alias punya hajat. Sabtu (3/6/23) kemarin, penyelenggara yang didalangi oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Argosari, Desa Tlogosari menggelar festival budaya, dengan tagline Tlogosari Culture Festival.

Pokdarwis sendiri diisi oleh kumpulan anak muda yang memiliki kepedulian terhadap desa. Menjadi titik tumpu pengembangan desa wisata dengan kreativitas dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan berkelanjutan atas branding Desa Wisata Tlogosari.

Tahun ini, festival mengusung tema “Bangkit Berkarya, Lestari Budaya Desa. Selain Pokdarwis Desa Tlogosari, festival ini juga mendapat dukungan dari STAPA (Social Transformation and Public Awareness) Center dan Sampoerna Untuk Indonesia.

Ketua Pokdarwis Desa Tlogosari, Eddy Sudarsono nyatakan bahwa gelaran tahunan ini tetap digiatkan sebagai upaya melestarikan seni budaya lokal yang ada di Tlogosari. 

"Jangka panjangnya, Tlogosari Culture ditujukan untuk menarik wisatawan agar bertandang ke desa wisata Tlogosari," kata Sudar menambahkan. 

Festival budaya ini menyajikan berbagai tampilan kesenian, mulai dari bela diri, drum band, proses pelukisan pola batik dengan canting, hingga petunjukan seni bantengan. Terdapat penampilan karya lukisan warga setempat, hingga penyajian koleksi keris. 

Bukan hanya keterampilan yang lekat dengan unsur tradisi, hasil keterampilan karya modern juga ditampilkan. Berupa kue tart yang dihias dengan kreativitas warga lokal, hasil kerajinan kayu dalam bentuk hiasan seserahan dan sandal. Ada pula pameran produk UMKM setempat yang ditampilkan melalui booth-booth yang disediakan. Beberapa di antaranya makanan ringan yang dibungkus dengan standing pouch, atau minuman yang dikemas kekinian. Sehingga pengunjung dapat langsung membeli makanan ringan atau minuman yang dipamerkan. 

Warga lintas usia menyambut kegiatan festival dengan meriah. Warga dari usia anak-anak, remaja, dewasa hingga tua datang berbondong-bondong ke lokasi acara mengikuti tiap sesi acara yang dilangsungkan. Selain warga setempat acara ini juga dihadiri pula oleh Dinas Pariwisata dan Forkom Pokdarwis Kabupaten Pasuruan

Menilik Sekilas Desa Wisata Tlogosari, Tutur, Pasuruan

Desa yang berada di kaki Gunung Bromo ini menyimpan potensi pariwisata yang mumpuni. Terletak di kawasan agrowisata Nongkojajar, Desa Tlogosari memiliki objek wisara alami sekaligus buatan. 

Objek wisata alam di desa ini meliputi Gunung Gendis, dengan ketinggian 1.240 Mdpl (meter di atas permukaan laut). Juga Air terjun Dandang Semar yang masih natural. Sementara objek wisata buatan melipati Kolam Renang Tlogosari, Eduwisata Paprika, Lapangan Kebun Tengah, dan Joglo Songgojati Farm. 

Selain wisata alam dan buatan, warga Desa Tlogosari masih melestarikan warisan budaya yang diturunkan dari leluhur mereka. Di kancah kesenian budaya, warga setempat masih melestarikan seni jaranan kuda lumping, Seni Pencak Silat Singo Barong Mbodosari.dan Tari Kamajaya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tlogosari Culture Festival Pemuda Peduli Desa

Trending Now