Temui NIK Tidak Terdaftar di Laman KPU Saat Patroli Keliling, Ketua PPK Ambil Tindakan

Admin JSN
05 Juni 2023 | 14.39 WIB Last Updated 2023-06-05T09:03:29Z

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Panitia Pengawas Pemilihan Umum (PANWASLU) Kecamatan Grati beserta Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Grati menggelar Road Show Patroli Kawal Hak Pilih Pemilu Tahun 2024, Minggu (4/06).  

Pukul 09.00 pagi berlokasi di balai RW 4 Dusun Bebekan Kidul Desa Ranuklindungan, Panwascam bersama PKD lakukan sosialisasi kawal hak pilih untuk pemilu 2024 mendatang. 

Dalam pelaksanaan sosialisinya Panwas menyampailan kepada warga tentang pentingnya pengawasan pra hinggga pelaksanaan pemilu 2024 nanti agar jalannya pemilu berjalan dengan lancar dan terkondisi dengan baik tanpa adanya pelanggaran-pelanggaran disaat proses pemilu tahun depan. 

Dalam pelaksanaan sosialisasinya, Ketua Panwaslu Kecamatan, Paijin, bersama PKD didampingi langsung oleh Ketua PPK Kecamatan Grati, Riyono, mengajak warga untuk membantu pengawasan dalam proses menuju pemilu hingga pelaksanaan pelimu 2024 nanti. 

"Kami mengajak bapak-ibu ikut membantu kita dalam pengawasan proses menuju pemilu hingga nanti pelaksaan pemilu 2024, diantaranya tentang daftar pemilih, atribut APK (Alat Peraga Kampanye), Pelanggaran kode etik (suami-istri menjadi KPPS), tindakan pidana (money politik), apabila menemukan hal tersebut bisa disampaikan ke PKD dan nanti PKD melaporkan ke Panwascam" ajaknya. 

Bersamaan dengan proses sosialisasi tersebut, PKD membantu pengecekkan NIK warga melalui laman KPU untuk mencocokkan data pemilih. Kendati demikian dalam proses pencocokan, PKD mendapati temuan disalah satu Desa dengan NIK tidak terdaftar di laman www.cekdptonline.kpu.go.id, dan langsung ditanggapi oleh ketua PPK Kecamatan Grati, Riyono. 

"Data hak pilih yang bersangkutan sudah di input sesuai data yg dimilikinya, namun yang bersangkutan tidak memberi tahu kepada petugas pencacah (pantarlih) bahwa ada perubahan data pada salah satu anggota keluarganya yg harus ia update ke instansi terkait (pemerintahan desa), sehingga saat pencoklitan itu dilakukan petugas hanya berdasar pada data lama, terbukti saat petugas (anggota PPS Div. Data Desa terkait) saat melakukan cek in richek data tersebut berdasar data saat pencoklitan pada laman KPU di www.cekdataonline.kpu.go.iddata yg bersangkutan ada dan terdaftar" ungkap Riyono saat menghadiri patroli kawal hak pilih. 

Menutup sosialisasinya ketua Panwascam menyampaikan harapan kepada warga agar pemilu 2024 berjalan dengan lancar tanpa adanya pelanggaran ketika pelaksanaannya.

"Ayok kita awasi pemilu ini agar aman dan tidak ada kendala pada saat pelaksanaannya nanti, mari kita sukseskan pemilu di tahun 2024 nanti agar menghasilkan pemimpin yang baik dan amanah untuk Indonesia" tutupnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Temui NIK Tidak Terdaftar di Laman KPU Saat Patroli Keliling, Ketua PPK Ambil Tindakan

Trending Now