Surga Dunia Sejauh Mata Memandang, Welirang via Sumber Brantas

Admin JSN
17 Juni 2023 | 10.24 WIB Last Updated 2023-06-17T03:24:11Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Gunung Welirang merupakan destinasi wisata yang diidolakan oleh para pendaki. Dengan ketinggian 3.156 mdpl, gunung yang terletak di wilayah Pasuruan dan kabupaten Malang ini menyimpan keindahan luar biasa. 

Jalur paling cepat menuju puncak Welirang adalah lewat Cangar atau lebih dikenal dengan via Sumber Brantas. Meskipun terbilang cepat, di jalur ini tidak tersedia sumber air. Jadi para pendaki harus menyiapkan air yang cukup agar pendakian berjalan dengan lancar. 

Estimasi biaya yang diperlukan untuk bisa menikmati keindahan gunung Welirang adalah administrasi tiket masuk tahura Raden Soerjo sebesar 15 rb perhari, parkir motor 15 rb, ojek dari base camp ke pintu rimba sebesar 25 rb per orang. 

Sedangkan perkiraan waktu yang diperlukan untuk ke puncak kurang lebih 8 jam, dengan estimasi waktu sebagai berikut:

Dari pintu rimba ke pos 1 sekitar 2 jam. Pos 1 ke pos 2 sekitar 2 jam. Pos 2 ke pos 3 sekitar 2 jam dan pos 3 ke puncak sekitar 2 jam. Jadi total waktu yang diperlukan sekitar 8 jam perjalanan tergantung kondisi masing-masing pendaki.

"Welirang memiliki pemandangan yang luar biasa, nampak lautan awan dan barisan pegunungan yang berdiri dengan kokoh sejauh mata memandang. Untuk mencapainya tentu bukanlah hal hang mudah, harus melalui perjuangan yang luar biasa. Tapi disitulah letak keindahan sesungguhnya, menikmati proses untuk mendapatkan kemauan yang ingin di capai," kata pendaki Hasan Abdillah, youtuber pemilik chanel Hassan Abdillah. 

Yang harus diwaspadai ketika sudah berada di lereng gunung Welirang adalah asap belerang. Jangan terlalu lama menghirup asap belerang karena bisa membuat sakit pernapasan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Surga Dunia Sejauh Mata Memandang, Welirang via Sumber Brantas

Trending Now