Sistem Penyaluran Bansos di BRI Amburadul, MDW : 2019 Diduga Mengendapkan Uang Bansos 6,7 Miliar

Biro Madura
28 Juni 2023 | 10.22 WIB Last Updated 2023-06-28T03:22:31Z
Pinca BRI Saat Menemui Tuntutan Demostrasi dari MDW Sampang

SAMPANG | JATIMSATUNEWS.COM: PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Cabang Sampang 2019 didemo oleh Madura Development Watch karena diduga mengendapkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar 6,7 miliar.

Dan pada tanggal 15 Juni 2023 yang lalu. BRI Cabang Sampang Kembali didemo oleh Madura Development Watch Sampang bersama KPM Bansos, karena mencederai bansos di Kabupaten Sampang dan membuat KPM kebingungan serta membuat aturan yang tidak masuk akal demi melindungi mafia bansos di BRI.

Madura Development Watch (MDW) bersama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dan BPNT melakukan demonstrasi ke kantor PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Cabang Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis, 15 Juni 2023 yang lalu. Kata Siti Farida Ketua MDW Sampang.

"Kami bersama ratusan KPM Bansos, menilai penyaluran dana bantuan sosial (bansos) berupa Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui BRI Cabang amburadul dan banyak permasalahan yang tidak kunjung diselesaikan oleh BRI Sampang:
1. Pengambilan buku tabungan dan  ATM yang harus disertai surat keterangan hilang meskipun sebelumnya KPM yang bersangkutan belum pernah menerima butab dan ATM yang dimaksud. Dan ini ada indikasi bahwa butab dan ATM telah disalurkan kepada oknum yang tidak berhak menerima.

2. BRI dengan sengaja menahan butab dan ATM KPM bansos yang mengakibatkan saldo bansos yang bersangkutan terblokir (tidak bisa diambil) bahkan sampai dikembalikan kepada negara sehingga KPM tidak menerima haknya sebagaimana mestinya.

3. BRI tidak pernah memberikan edukasi dan sosialisasi kepada KPM penerima bansos sebagaimana yang diatur dalam perpres nomer 63/2017 tentang penyaluran bantuan sosial secara tunai yang menyebabkan KPM menjadi kebingungan dengan sistem penyaluran bantuan melalui BRI.

Oleh karena itu, jika BRI masih melindungi oknum mafia bansos di BRI dan tidak segera menyelesaikan permasalahan tersebut maka di pastikan kami bersama ribuan KPM bansos akan melakukan demonstrasi besar-besaran atau unjuk rasa jilid 2," ujarnya Rabu, 28 Juni 2023.

Dan perlu diketahui, kata Farida, Koordinator Bansos saat BRI diduga mengendapkan dana bansos sebesar 6,7 miliar adalah Abu. 

"Dan sekarang meskipun koordinator bansosnya diganti, masih saja bansos yang penyalurannya melalui BRI Cabang Sampang masih amburadul," pungkasnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sistem Penyaluran Bansos di BRI Amburadul, MDW : 2019 Diduga Mengendapkan Uang Bansos 6,7 Miliar

Trending Now