Madrasah Aliyah Almasa Grati

Admin JSN
05 Juni 2023 | 11.10 WIB Last Updated 2023-06-05T04:35:18Z

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Madrasah Aliyah Almasa adalah sebuah lembaga pendidikan setingkat SMA yang berada dibawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Assimachi. Yang berkecimpung dalam dunia pendidikan dan keagamaan. Didirikan pada tahun 2011 dalam rangka mewujudkan pendidikan alternatif setingkat SMA dan menampung lulusan dari lembaga pendidikan setingkat SMP (MTs) yang juga berada dibawah naungan Yayasan Ponpes Assimachi dan luar pondok.

Lahir dari idealisme yang tinggi, MA Almasa hanya mengkhususkan pengajaran dan pembelajarannya pada bidang studi agama dengan orientasi pendidikan tidak lebih dari itu. 

Sejak tahun 2011 MA Almasa mengadopsi kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, sudah barang tentu dengan mempertahankan semaksimal mungkin kurikulum lokal keislamannya yang khas. Dan pada tahun 2014 MA Almasa untuk pertama kalinya mengikuti ujian nasional dengan menginduk di lembaga lain, yakni MA Assholach Gondangwetan, karena MA Almasa pada saat itu belum terakreditasi. 

Adanya MA Almasa ini melihat realita yang dihadapi dilingkungan setempat berdirinya MA Almasa, terutama para santri yang mondok di Ponpes Assimachi memiliki keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang berpotensi. Untuk itulah MA Almasa merasa bertanggungjawab untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berpotensi, sudah barang tentu sesuai dengan jenjang pendidikan. 

MA Almasa bertekad mempersiapkan dan mengantarkan generasi muda Islam untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sehingga terwujudnya SDM-SDM yang potensial dan berkualitas yang dapat kembali membangun peradaban baru sesuai dengan nilai-nilai keislaman. 

Seiring dengan berjalannya waktu, MA Almasa berupaya keras untuk menjadi sekolah Islam dengan berbasis pondok pesantren yang berkualitas, di wilayah Kecamatan Grati, terbukti dengan adanya penambahan sarana dan prasarana pendidikan, kegiatan siswa-siswi diluar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), peningkatan Mutu Pendidik dan Staf. 

Hingga pada tahun 2017 merupakan tahun perdana MA Almasa mengikuti program Pemerintah yang mewajibkan pelaksanaan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) dan ditahun itu pula MA Almasa bisa mengadakan Ujian Nasional dilembaga sendiri karena sudah mendapatkan Ijin Operasional (IJOP), Nomor Statistik Madrasah (NSM), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). 

Hingga sampai saat ini MA Almasa terus berupaya untuk menjadi lembaga pendidikan yang mampu mencetak lulusan berakhlakul karimah, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing di era sekarang.

NAMA MADRASAH : 
MADRASAH ALIYAH ALMASA 

ALAMAT MADRASAH :
Dusun Krajan RT.03 RW.05 Desa Kalipang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan 

KODE POS :
67184 

NO. TELPON :
0858 1526 7489 

E-MAIL :
maasalmasa@gmail.com 

STATUS SEKOLAH :
Swasta 

AKREDITASI :
Akreditasi B Tahun 2018 No. 159/BAN-S/M.35/SK/XII/2028 

KEADAAN GEDUNG :
PERMANEN (Milik Yayasan Ponpes Assimachi) 

Nomor Statistik Madrasah (NSM) :
131235140068 

Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) :
69894874 

TAHUN DIDIRIKAN :
Tahun 2011 

KEPALA MADRASAH :
Haniffikri, S.Pd 

KOMITE MADRASAH :
M. Jasim Jamhudi, S.Pd.I 

VISI :
Terbentuknya manusia berakhlakul karimah, cerdas, terampil dan mandiri, luas penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi 

MISI :
1. Memperdalam pengetahuan agama
2. Membina kearah perilaku akhlakul karimah
3. Memperluas pengetahuan umum
4. Mengembangkan kreatifitas siswa
Melatih kearah disiplin dan bertanggungjawab 

TUJUAN : 
1. Terbentuknya tingkat lulusan 100% dengan rata-rat 7.00
2. Meningkatnya prosentase lulusan yang diterima diperguruan tinggi negeri, sekurang-sekurangnya 70% dari jumlah lulusan
3. Tersedianya media pembelajaran sesuai standar pendidikan 
4. Terlaksananya program 3S (Salam, Senyum, Sapa)
5. Terlaksananya program 7K (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kenyamanan, Kerindangan, Kekeluargaan), sehingga sekolah menjadi kondusif dalam pelaksanaan KBM
6. Terlaksananya pelayanan yang optimal kepada semua pihak yang memerlukan, berdasarkan Sistem Administrasi Madrasah (SAM)
7. Terjalinnya Kerja sama antar warga Madrasah dengan lingkungan sekitar



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Madrasah Aliyah Almasa Grati

Trending Now