Kerajaan Tersembunyi Lereng Gunung Arjuna via Sumber Brantas

Admin JSN
16 Juni 2023 | 19.45 WIB Last Updated 2023-06-16T12:47:19Z


Oleh: Novie Purwanti 
Kerajaan Tersembunyi Lereng Gunung Arjuna via Sumber Brantas

WISATA | JATIMSATUNEWS.COM: Banyak cara untuk melepaskan penat. Bisa dengan nongkrong bersama sahabat di mall, rebahan di dalam kamar atau memilih olah raga menantang. Mendaki gunung misalnya. 

Salah satu gunung paling ramai dikunjungi di Provinsi Jatim adalah Gunung Arjuna. Gunung dengan ketinggian 3.339 mdpl yang berada di dua wilayah yaitu Pasuruan dan Batu, Malang. 

Untuk ke Gunung Arjuna yang dikelola oleh Tahura Raden Soerjo ini, bisa melalui empat jalur pendakian. Salah satunya adalah lewat jalur Sumber Brantas, kecamatan Bumiaji, Batu. Jalur ini merupakan jalur tercepat untuk menuju ke puncak Gunung Arjuna. 

Sebelum mendaki, pastikan sudah mendaftar online dan melengkapi syarat pendakian berupa surat sehat dan membawa perlengkapan yang dibutuhkan selama pendakian. Di jalur Sumber Brantas ini tidak ada sumber air, para pendaki wajib membawa air setidaknya tiga liter untuk pendakian selama dua hari.

Jasa angkot bak terbuka juga disediakan untuk mengangkut pendaki yang menghemat tenaga dari base camp menuju pintu rimba. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar 25 rb per orang. 

"Untuk menuju puncak Arjuna, setidaknya pendaki harus melewati 4 pos yaitu pos Watu Gede, pos Daplang, pos Lembah Lengkehan, pos Lapangan Kotak, dan puncak. Sebaiknya para pendaki mendirikan tenda di Pos Lengkehan sebab tempatnya cukup luas dan tidak terlalu jauh menuju puncak," tutur Hasan Abdillah, salah satu pendaki yang juga pemilik chanel YouTube dengan nama Hassan Abdillah.

"Perjalanan dari pos satu ke puncak biasanya memerlukan waktu sekitar 9-10 jam atau tergantung kecepatan pendaki. Yang paling istimewa, di lereng gunung Arjuna ada situs kuno berupa bangunan batu berbentuk kotak yang dikenal sebagai Istana Gentong Growah. Sebagai anak bangsa selayaknya kita menjaga dan melestarikan budaya," lanjutnya. ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kerajaan Tersembunyi Lereng Gunung Arjuna via Sumber Brantas

Trending Now