Gerah Kemarau, Lumbang Pasuruan Kekeringan

Admin JSN
30 Juni 2023 | 09.14 WIB Last Updated 2023-06-30T02:14:37Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Lumbang Pasuruan sebagian wilayahnya  saat ini sedang mengalami kekeringan yang berdampak pada kurangnya pasokan air bersih. Dengan eadaan cuaca di daerah yang cukup gerah dan lalu lintas padat,  suasana kering kemarau makin terasa. 


Kekeringan yang terjadi disebabkan oleh penurunan debit air bersih dari sumber ke desa-desa di sekitarnya. Selain itu, program pengadaan air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga belum sepenuhnya terselesaikan, yang menyebabkan masalah ini semakin diperparah.

Desa-desa yang terdampak langsung oleh kekeringan ini adalah Bulukandang yang meliputi Dusun Cukurgondang Timur dan Barat, serta Karangjati yang mencakup Dusun Jatisari dan Krajan Timur.

Untuk mengatasi masalah kekeringan ini, berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak terkait. PAC Ansor Lumbang memberikan bantuan air bersih dengan mengirimkan 1 mobil tangki air ke Desa Bulukandang, Dusun Cikurgondang, serta 1 tangki air ke Desa Karangjati, Dusun Jatisari.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga memberikan bantuan dengan mengirimkan 2 tangki air ke Desa Bulukandang, Dusun Cikurgondang.

Lebih lanjut, Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia (LPBINU) Pasuruan turut berkontribusi dengan mengirimkan 4 tangki air. Tangki air tersebut didistribusikan ke beberapa desa yang terdampak, antara lain Desa Karangjati, Dusun Krajan Timur, Desa Bulukandang, Dusun Cikurgondang Timur, serta Desa Bulukandang, Dusun Cikurgondang Barat.

Diharapkan bahwa upaya-upaya tersebut dapat membantu mengatasi krisis air bersih yang tengah dihadapi oleh Desa Lumbang. Pemerintah setempat dan lembaga terkait terus berkoordinasi untuk mencari solusi jangka panjang agar pasokan air bersih dapat terpenuhi dengan baik di masa yang akan datang.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gerah Kemarau, Lumbang Pasuruan Kekeringan

Trending Now