Puluhan Warga Desa Karangbong Demo Tuntut Kades Mundur Dari Jabatannya

24 Mei 2023 | 08.10 WIB Last Updated 2023-05-24T13:09:12Z

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM: Puluhan Masyarakat Desa Karangbong Pagi ini sekira pukul 08.30 Wib, (24/5) Menggelar Aksi Damai di Depan Kantor Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Penyebabnya, Kades dianggap tidak amanah dalam mengemban tugasnya.

Tentang perbuatan dan perilaku, Kepala Desa Karangbong Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo  Mochammad Bambang  Asmuni. Dianggap  selalu melakukan perbuatan meresahkan  selama kurun waktu menjabat Kepala Desa sejak 27 Juli 2022 hingga saat ini .

Dasar melakukan Demo Unjuk Rasa Damai dalam penyampaian Aspirasi dan Pendapat Dimuka Umum. Surat tuntutan menyebut dengan huruf besar ADANYA LARANGAN LARANGAN YANG TIDAK SEMESTINYA DILAKUKAN OLEH SEORANG KEPALA DESA. Yang tertuang di dalam Undang Undang RI Nomor 06 Tahun 2014 padal 29 tentang Pemerintahan Desa.( Copy Undang undang RI nomor 06 tahun 2014 padal 29 ) Bunyi lengkap tuntutan

"Untuk Itu kami yang tergabung dalam GERBONG SATU Memohon kepada Bpk. Bupati , Kepala Daerah Tingkat 2 Kabupaten Sidoarjo.

“UNTUK MENGAMBIL TINDAKAN TEGAS KEPADA KEPALA DESA KARANGBONG SDR. MOCH. BAMBANG ASMUNI ATAS KESALAHANYA DAN ATAS PERBUATANYA SESUAI DENGAN ATURAN PERUNDANG UNDANGAN YANG ADA, yang diantaranya : 

1. Kepala Desa dengan sewenang wenang telah memberhentikan Pengurus dan anggota Penggali makam berikut pemberhentian Ketua RT yang ada didesa Kami .

2. Kepala Desa telah merencana pembuatan " Makam Umum Baru " yang sudah memasang Papan pemberitahuan yg berdiri diatas Tanah Kas Desa. Ada dugaan telah terjadi adanya KOLOSI dan GRATIFIKASIH dengan pihak PENGEMBANG / DEVELOPER yang ada di wilayah desa kami dan belum Menyediakan Fasum (Fasilitas Umum) berupa makam umum, yang diantaranya :

a) Perumahan Greez 

b) Perumahan De Java 

c) Perumahan Surya Breez 

d) Perumahan Surya Regency

e) Perumahan Karang Indah Asri 

Kepala Desa telah memberikan izin secara sepihak berdirinya Toko Modern INDOMART dengan tidak memperdulikan keluhan dari Pemilik Toko kelontong yang sudah tersebar di Desa Kami sebagai mata pencarihan. Ada Dugaan telah terjadi adanya KOLOSI dan GRATIFIKASIH dengan pihak INDOMART dan Pemilik Lahan (menyalagunakan wewenang bertidak Sebagai Makelar).

4. Kepala Desa telah mengizinkan pihak perusahaan mengubah adanya BATAS DESA yang bersebelahan dengan Desa lain untuk kepentingan perusahaan. Ada Dugaan telah terjadi adanya KOLOSI dan GRATIFIKASIH dengan pihak Perusahaan PT. BERNO FARMA .

5. Kepala Desa telah membuat keonaran dengan melakukan Perkelahian dengan warga Kos yang sempat Virat di Medsos, sampai saat ini masih dalam berproses Hukum di Kepolisian .

6. Kepala Desa telah mengubah Identitas Mobil Operasional Desa dengan jalan mencopot Stiker yang ada untuk Kepentingan Pribadi dan Keluarganya.

Masyarakat yang menamai dirinya sebagai, Gerakan Masyarakat Karangbong Bersatu (Gerbong Satu) dengan koordinator Lapangan (Korlap) Teguh Hariono (Bagong) menyampaikan aspirasinya. Menuntut Agar Kepala Desa Lengser dari Jabatan. Hal ini karena Kades dinilai banyak melakukan pelanggaran-pelanggaran

Membawa warga sekitar 50 orang Teguh menyebut titik kumpulnya  di Depan Balai Desa Karangbong dengan rute menuju Pendopo Bupati Sidoarjo lalu kembali lagi ke Desa Karangbong Sidoarjo.

"Dengan kekuatan lebih dari 50 orang massa, titik kumpul didepan Balai Desa Karangbong menuju Kantor Bupati Sidoarjo  nanti kami orasi disana menyampaikan uneg-unegnya kepada bapak Bupati Sidoarjo dan minta petunjuk, Sekembalinya dari Bupati Balai Desa Akan Saya Blokade." papar Bagong. (Red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Warga Desa Karangbong Demo Tuntut Kades Mundur Dari Jabatannya

Trending Now