Peringati Hari Buruh Internasional, Disnaker Pasuruan Gelar Turnamen Futsal

Admin JSN
21 Mei 2023 | 21.36 WIB Last Updated 2023-05-21T14:53:13Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Masih dalam euforia kesuksesan tim nasional Garuda Indonesia meraih medali emas di ajang Sea Games, masyarakat kota Pasuruan kembali disuguhkan tontonan menarik seni kocek bola bundar.

Dinas Tenaga Kerja kota Pasuruan mengadakan turnamen futsal antar perusahaan se-kota Pasuruan yang dilaksanakan pada tanggal 18 sampai dengan 21 Mei 2023 di GOR Untung Suropati Pasuruan.

Dengan semangat merajut kebersamaan di hari yang fitri selepas Hari Raya Idhul Fitri 1444 H, turnamen bergengsi ini diadakan untuk memperingati hari buruh Internasional tahun 2023 yang jatuh pada tanggal 1 Mei silam.

Bertujuan mengurangi gesekan kepentingan antara karyawan, perusahaan dan pemerintah, perlu diadakan kegiatan yang positif untuk membangun komunikasi yang baik antar ketiga pihak tersebut. Atas dasar itulah Dinas Tenaga Kerja kota Pasuruan berinisiatif mengadakan turnamen futsal ini.
"Kami berharap adanya kegiatan ini akan tercipta hubungan yang baik antara karyawan, perusahaan dan pemerintah," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja kota Pasuruan, H. Mahbub Effendi, SE, MM.

Penyelenggaraan turnamen futsal yang diadakan setiap tahunnya sejak tahun 2013 ini (hanya absen 2 tahun selama pandemi covid) dinilai efektif menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif selama peringatan Hari Buruh 1 Mei. Kota Pasuruan relatif aman, tidak ada demo buruh terkait dengan tuntutan karyawan kepada perusahaan maupun instansi pemerintah.

Berbekal surat tugas dari perusahaan-perusahaan yang ada di kota Pasuruan, sebanyak 32 tim futsal mendaftar untuk ikut adu jago di turnamen ini. Tidak ada biaya pendaftaran yang dipungut alias gratis. Disponsori oleh Bank Jatim, turnamen ini memperebutkan tropi dan uang pembinaan senilai lima juta untuk juara 1, tiga juta untuk juara 2, 1,5 juta untuk juara 3 dan 500 ribu untuk juara 4.
Selain itu ada hadiah hiburan untuk best player, top scorrer dan kostum jersey terbaik. 

Turnamen berlangsung selama 4 hari, dimulai hari Kamis pagi tanggal 18 Mei 2023 pukul 7.30 WIB. Final berlangsung pada hari Minggu tanggal 21 Mei 2023 pukul 9.30 WIB. Acara final dihadiri juga oleh Kapolres dan Wakapolres kota Pasuruan serta jajaran manajemen Dinas Tenaga Kerja kota Pasuruan. Tribun penonton selain dipenuhi oleh pendukung masing-masing tim juga masyarakat umum yang kebetulan menikmati acara car free day minggu pagi di area GOR Pasuruan.

Pertandingan dimulai untuk merebutkan juara 3 dan 4 antara Jati Makmur, perusahaan furniture yang berlokasi di Randusari dan PT Telkom Akses yang berlokasi di Jl. Panglima Sudirman. Penonton serasa disuguhkan dengan permainan bola kelas dunia antara timnas Indonesia melawan negara Timur Tengah karena mayoritas pemain tim Jati Makmur merupakan keturunan Indo-Arab. Permainan berakhir untuk kemenangan gemilang PT. Telkom Akses dengan skor 6 : 3.

Jeda waktu menuju pertandingan final, penonton disuguhkan dengan fun game, permainan futsal antar panitia, penonton dan artis ibu kota Pasuruan.

Pertandingan memperebutkan juara 1 berlangsung antara perusahaan konveksi garmen, Couture Hartono vs perusahaan kontraktor, PT. Bagas Jaya Prospeg.
Kedua tim sama-sama kuat, bertabur pemain-pemain muda berbakat dengan skill kocek bola yang handal, pertandingan pun  berlangsung sengit dan menegangkan selama 2 x 15 menit. 
Meskipun diganjar 2 kartu kuning, PT. Bagas Jaya Prospeg akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang turnamen dengan skor tipis 2 : 0.

Adapun perolehan hadiah yang lain adalah :
Best Jersey : PT Telkom Akses, mendapatkan hadiah trophi dan uang persembahan dari Dinas Tenaga Kerja kota Pasuruan.
Best player : Faisal Mubarak dari tim PT. Bagas Jaya Prospeg, mendapatkan hadiah trophi dan kompor listrik persembahan dari toko grosir Senkuko.
Top scorrer : Muntasir dari Alfa dan Ahmad dari CV Jati Makmur, keduanya berkongsi mendapatkan hadiah trophi dan sepeda gunung persembahan dari BPJS ketenagakerjaan.

Yudi Irsawanto, pelatih pemenang juara 2, tim Couture Hartono pantas berbangga hati karena untuk pertama kalinya timnya dibentuk mengikuti turnamen ini langsung bisa menyabet trophi juara , "dari perusahaan tidak ada target apa-apa, masuk final saja sudah bagus," ujarnya. 

Faisal, peraih best player yang sering ikut turnamen futsal pun ikut berbangga karena timnya masuk final dan juara 1, "jadi lebih semangat untuk bekerja, apalagi jika bos mengijinkan kita mengikuti turnamen-turnamen yang lain", kesannya.

Adapun Ahmad, peraih top scorrer menyelipkan harapan buat Dinas Tenaga Kerja kota Pasuruan, "kalau bisa turnamen berikutnya hadiahnya lebih banyak, mungkin dapat motor untuk top scorrer nya,"

Acara ini sukses diselenggarakan berkat kerjasama dengan EO Serasa Creative dan Blackbox Production. ( Lee )
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari Buruh Internasional, Disnaker Pasuruan Gelar Turnamen Futsal

Trending Now