Tingkatkan Ketahanan Pangan Desa, Mahasiswa Kelompok 04 KKN-T MBKM UPNVJT Melakukan Sosialisasi “Kebun Hidroponik” bersama Kelompok PKK Desa Pulosari

Admin JSN
31 Mei 2023 | 14.00 WIB Last Updated 2023-06-01T03:47:21Z
Tingkatkan Ketahanan Pangan Desa, Mahasiswa Kelompok 04 KKN-T MBKM UPNVJT Melakukan Sosialisasi “Kebun Hidroponik” bersama Kelompok PKK Desa Pulosari

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM: Hidroponik menjadi salah satu metode budidaya menanam dengan memanfaatkan media air. Metode hidroponik menjadi salah satu alternatif dalam melakukan budidaya tanaman hortikultura seperti kangkung, bayam, selada, dsb. 

Dengan menggunakan air sebagai media utama, penerapan hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga dapat memaksimalkan lahan yang ada. Selain itu, dengan metode hidroponik, hasil tanaman yang diperoleh lebih sehat karena proses pencegahan hama lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan budidaya tanaman dengan menggunakan media tanah. 

Mahasiswa kelompok 04 program KKN-T MBKM Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melakukan sosialisasi “Kebun Hidroponik” sebagai salah satu perwujudan teknologi tepat guna yang dapat memberikan manfaat pada penduduk Desa Pulosari. Dengan menggandeng kelompok PKK sebagai frontliner program hidroponik desa, diharapkan program yang dirancang dapat berjalan secara berkelanjutan sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Pada tanggal 25 Mei 2023, bertepatan dengan pelaksanaan rapat pleno PKK Desa Pulosari, mahasiswa kelompok 04 KKN-T MBKM UPNVJT memberikan materi sosialisasi mengenai hidroponik. Kegiatan sosialisasi ini mendukung salah satu dari program pokok PKK poin tiga mengenai pangan. 

Ibu-Ibu PKK mohon nanti dapat menyimak materi yang disampaikan adik-adik dari KKN UPNVJT dengan baik karena ini juga berhubungan dengan pokja kita poin tiga yaitu pangan, ini merupakan salah satu bagaimana kita semua berperan dalam ketahanan pangan desa,” ujar Ibu Wiwid selaku ketua PKK Desa Pulosari.

Setelah memberikan materi dan melakukan praktek hidroponik bersama dengan kelompok PKK Desa Pulosari, mahasiswa kelompok 04 KKN-T MBKM UPNVJT melakukan penyerahan kebun hidroponik secara simbolis kepada kelompok PKK yang selanjutnya berperan sebagai penggerak di desa. Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi hidroponik ini, mahasiswa kelompok 04 KKN-T MBKM UPNVJT berharap dapat memberikan manfaat kepada penduduk Desa Pulosari secara berkelanjutan.

Semoga dari kegiatan yang kami laksanakan ini dapat memberikan manfaat di kemudian hari dan semoga kelompok PKK dapat menjadi tokoh penggerak dari program yang kami rancang sehingga manfaat yang diperoleh maksimal,” ujar Eka selaku ketua kelompok 04 KKN-T MBKM UPNVJT.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Ketahanan Pangan Desa, Mahasiswa Kelompok 04 KKN-T MBKM UPNVJT Melakukan Sosialisasi “Kebun Hidroponik” bersama Kelompok PKK Desa Pulosari

Trending Now