Doorprize Sepeda Motor, Pabrik Gula Soedono Gelar JJS

Admin JSN
21 Mei 2023 | 18.50 WIB Last Updated 2023-05-21T11:50:49Z



NGAWI | JATIMSATUNEWS.COM: Pabrik Gula Soedono hari ini Minggu, 21 Mei 2023 mengadakan jalan sehat dan sepeda santai sebagai salah satu event tiap tahunnya. "Setiap akan dimulainya giling tebu selalu diadakan acara ini," ujar salah satu peserta jalan sehat. 

Doorprize-nya pun sangat menarik yaitu sepeda motor sebagai hadiah utama yang di sponsori oleh Honda. Kulkas, kipas angin, kompor gas dan masih banyak yang lainnya. 

Jalan sehat ini pun dibuka untuk umum dan kalangan karyawan PG Soedono yang bertempat di Desa Geneng Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi. 

"Metil sudah diadakan hari Rabu kemarin, " kata warga yang rumahnya tak jauh dari pabrik gula. 

Metil sendiri adalah ritual pengantin yaitu arak-arakan pengantin dari tebu yang di makeup sedemikian rupa. Pengantin tersebut lalu diarak dari sawah yang ditanami tebu ke pabrik gula. Gamelan reog dan jatilnya yang mengiringi arak-arakan tersebut. 

Sedangkan untuk hiburan rakyat sudah menjadi tradisi diadakannya pasar malam. Berbagai wahana disediakan dari kincir angin, ombak banyu, kereta gantung, Kora-kora, kereta mini, dan yang tak kalah menarik adalah lokomotif yang biasa mengangkut tebu untuk diolah. Sekarang digunakan untuk mengangkut warga yang ingin berkunjung mengelilingi PG Soedono tersebut. 

Harganyapun cukup terjangkau hanya 5000 rupiah sekali putaran. Jadi yang ingin merasakan naik kereta atau lokomotif bisa naik ini. 

Setelah dua tahun lebih tidak diadakan hiburan rakyat karena korona. Ini kali pertama diadakan pasar malam setelah korona. Jadi,  bisa dibayangkan suka citanya masyarakat dan pedagang. Mereka sama-sama diuntungkan dengan adanya pasar rakyat ini. 

Malam ini juga diadakan pengajian sebagai penutup serangkaian acara buka giling PG Soedono. Harapannya semoga dilancarkan giling tebu sampai akhir nanti.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Doorprize Sepeda Motor, Pabrik Gula Soedono Gelar JJS

Trending Now