Pasca 2 Tahun Gempa Bumi Malang, 993 KK Mendapatkan Bantuan, 31 KK Didrop

Eko Rudianto
12 April 2023 | 01.26 WIB Last Updated 2023-04-11T21:10:50Z

 
Sambutan Kepala BPBD Kabupaten Malang
MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Kawal Pencairan Dana Stimulan Terdampak Gempabumi 2021 di Kabupaten Malang. Masih ingat gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Malang dan beberapa daerah lain di wilayah selatan Jatim pada 10 April 2021.

2021. Hari ini, Selasa (11/4/2023), atau tepat 2 tahun setelah kejadian, ratusan rumah warga yang mengalami rusak berat mulai menerima bantuan dari pemerintah pusat, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Pencairan dana stimulan terdampak gempa bumi yang pertama kali ini dilaksanakan di Kec. Tirtoyudo dan Kec. Ampelgading. Hadir pula dalam acara ini, Bupati Malang HM Sanusi, Forkopimda setempat, Kalaksa BPBD Kab. Malang M. Nur Fuad Fauzi, Camat Tirtoyudo, Camat Ampelgading dan sejumlah Kepala desa yang berada di wilayah kecamatan tersebut serta BPBD Jatim, Penata PB Ahli Madya Sriyono dan Sub Koordinator Sub Substansi Rekonstruksi, Gunarso.

Di kecamatan tTirtoyudo sendiri, dari 373 calon penerima bantuan yang tersebar di 12 desa, sebanyak 261 KK berhak menerima stimulan Rp 50 juta.

Bantuan itu bisa dicairkan, karena pihak penerima telah membangun terlebih dulu rumahnya secara mandiri. Sedang 75 KK lain bisa mencairkan stimulan in sebesar Rp 25 juta terlebih dahulu sebagai modal awal.

"Ingat, bantuan in untuk membangun rumah, bukan untuk yang lain

ya.. " seru Kalaksa BPBD Kab Malang, saat member sambutan.

Sementara untuk di Kecamatan Ampelgading, dari calon penerima sebanyak 254 KK, baru 146 KK yang berhak mendapat Rp 50 juta. Sedangkan, 15 KK lain baru bisa mengambil Rp 25 juta sebagai modal awal.

Namun, sebanyak 24 KK dari Kecamatan Tirtoyudo dan 7 KK dari Kecamatan Ampelgading Ampelgading didrop dari daftar penerima karena berbagai alasan. Di antaranya, telah menerima hibah dari DPKCK, meninggal dunia tapa ahli waris, tanahnya telah dijual dan tidak memenuhi kriteria rusak berat.

Pemerintah Kabupaten Malang saat ini telah menerima bantuan dana stimulan dari BNPB sebesar Rp 49,650 miliar untuk 993 penerima dengan kategori rusak berat. 

"Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam persiapan maupun pelaksanaan kegiatan ini," ujar Bupati Malang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasca 2 Tahun Gempa Bumi Malang, 993 KK Mendapatkan Bantuan, 31 KK Didrop

Trending Now