PAC GP Ansor Kecamatan Robatal Gelar Pawai 1000 Obor Takbir Keliling

Biro Madura
22 April 2023 | 21.09 WIB Last Updated 2023-04-22T14:09:02Z


SAMPANG I JATIMSATUNEWS.COM: Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Kecamatan Robatal menggelar pawai obor takbir keliling dalam menyambut 1 Syawal 1444 H Tahun 2023.

Pawai akbar yang di nahkodai Sahabat Roqib ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Robatal tersebut, di kemas dengan "Gerakan 1000 Obor".

Gema takbir, tahmid, dan tahlil turut dikumandangkan oleh ribuan Santri dan Masyarakat dalam mengiringi pawai obor takbir keliling tersebut. 
"Ini sebagai tanda pujian kepada sang khalik serta melepaskan Ramadan 1444-H dan menyambut 1 Syawal 1444-H dengan penuh sukacita," ungkap Sahabat Roqib.

Sahabat Roqib ketua Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Kecamatan Robatal, sebelum melepas peserta pawai obor menyampaikan rasa syukurnya karena dapat berkumpul dengan Kader Ansor-Banser serta masyarakat. Terlebih untuk mengadakan kegiatan pawai obor takbir keliling menyambut Idul Fitri 1444-H Tahun 2023.

"Tradisi ini akan terus melekat pada kultur masyarakat kita, mana kala kita yang hadir di sini terus menjaga dan melestarikan. Kita juga perlu memboboti pawai obor ini dengan semangat untuk mengagungkan nama Allah SWT dalam setiap langkah dan hembusan nafas dengan mengucap takbir tanda kemenangan," katanya.

Untuk itu, ia mengajak, agar jadikan nyala obor sebagai simbol dari bentuk semangat untuk menjadi penerang jiwa. Juga sebagai ungkapan sukur serta pujian terhadap kebesaran Allah di hari fitrah.

"Di depan mata kita adalah hari raya yang agung, hari di mana kita telah bersusah payah melewati puasa sebulan lamanya. Untuk itu, lewat kesempatan ini, mari kita gunakan malam terakhir ini sebagai perenungan agar tetap istiqamah di hari-hari berikutnya," ujarnya.

Sahabat Roqib berharap agar segala perselisihan terkait penetapan 1 Syawal bukan menjadi persoalan namun menjadi penambah khasanah islamiah di indonesia yang kaya dan majemuk. Sebab semuanya adalah umat yang dipersatukan dengan kalimat tauhid.

Sementara, Ra Walid Musta'in ketua PAC GP Ansor Roabatal mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah memprakarsai terlaksananya kegiatan gerakan 1000 pawai obor tersebut , terkhusus kepada sahabat Roqib dan satitur. Sabtu, 22 April 2023.

Ia berpendapat, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dapat mewujudkan visi yang religius, selain tentunya mandiri dan sejahtera.

Menurut dia gerakan 1000 pawai obor dan kegiatan serupa bisa terus dipertahankan dan dilestarikan. 

"Bagaimana pun kegiatan Pawai Obor adalah salah satu kearifan lokal yang perlu untuk dilestarikan keberadaannya," pungkasnya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PAC GP Ansor Kecamatan Robatal Gelar Pawai 1000 Obor Takbir Keliling

Trending Now