Go Green, Cara Bupati Pasuruan Lestarikan Lingkungan Secara Konsisten

Anis Hidayatie
12 Maret 2023 | 07.43 WIB Last Updated 2023-03-12T00:45:07Z
Go Green, Cara Bupati Pasuruan Lestarikan Lingkungan secara Konsisten

PASURUAN I JATIMSATUNEWS.COM: Bupati Irsyad Yusuf mengajak masyarakat untuk konsisten dalam melestarikan lingkungan. Diantaranya dapat dilakukan dengan melakukan aksi Go Green, istilah upaya manusia untuk merawat bumi supaya kembali baik dan nyaman ditinggali sebagai wujud kesadaran dan kepedulian manusia terhadap alam.

Disampaikan sesaat sebelum memberangkatkan ribuan peserta Jalan Sehat dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Bupati menyampaikan esensi dari kegiatan Gerak Jalan. Tidak sekedar untuk mencari keringat dalam mengejar sehat saja, melainkan sekaligus sebagai media bersama dalam melakukan gerakan penghijauan. 
 "Mari kita tingkatkan kesadaran menjaga lingkungan. Bagian dari aksi Go Green, wujud kepedulian kita terhadap alam. Diantaranya dengan gerakan menanam pohon sebagai upaya menjaga resapan air ke dalam tanah sehingga stok air kita tetap terjaga sekaligus melestarikan lingkungan," ajak Bupati.

Dalam kegiatan pagi tadi, Minggu (11/3/2023). Didampingi Wakil Bupati Mujib Imron, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan, Joko Hariyanto, Kepala Daerah menjabarkan tentang pentingnya menanam pohon sebagai budaya kolektif untuk mengurangi resiko banjir saat terjadi hujan deras. Terlebih kondisi iklim dan cuaca saat ini yang rentan mengakibatkan bencana alam hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. 

"Mari kita tanam pohon sebagai kampanye menjaga air dan melestarikan lingkungan. Juga jangan sampai ada sampah saat kegiatan, pungut sampah dan letakkan pada tempatnya," pinta Bupati.

Selanjutnya, bersama Wakil Bupati, Ketua PWI, Ketua DPRD dan jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Gus Irsyad sapaan familiar Doktor Ilmu Lingkungan alumni terbaik Universitas Brawijaya Malang tersebut melakukan penanamam pohon secara simbolis di halaman Satpol PP Kabupaten Pasuruan. Penanaman pohon lainnya dilakukan oleh Sampoerna untuk Indonesia sebanyak 1.000 bobit pohon yang disebar di area Daerah Aliran Sungai (DAS) Gumandar, Kecamatan Prigen. 

Tak berselang lama, Bupati Irsyad memberangkatkan ribuan peserta Jalan Sehat yang digelar hasil kerjasama dengan beberapa stakeholders tersebut dari halaman Kantor Satpol PP menuju rute perjalanan yang telah dipersiapkan. Berawal dari lokasi pemberangkatan, peserta kemudian melewati sepanjang jalan Desa Balepanjang, Raci. Perjalanan dengan pemandangan alam menawan dengan hamparan sawah dan pepohonan tersebut kemudian berakhir di Bukit Raci sebagai titik Pit Stop. 

Mengambil rute sejauh 3,6 Km, Gerak Jalan diikuti oleh ribuan peserta dari karyawan/karyawati Perangkat Daerah Kabupaten Pasuruan, guru, siswa, organisasi masyarakat dan komunitas di Kabupaten Pasuruan lainnya. Sedikitnya 8.000 orang turut memeriahkan kegiatan olahraga bersama yang berlangsung sangat seru tersebut. Keseruan semakin bertambah dengan beragam hadiah yang telah disiapkan oleh panitia. 

Dengan hadiah utama satu unit sepeda motor listrik, berikut sepeda listrik dan ratusan doorprize menarik lainnya. Baik yang dipersembahkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Indonesia Power, Cheil Jedang Indonesia, maupun perusahaan swasta lainnya.

Tidak cukup di situ saja. Bupati memberikan kejutan istimewa dengan menghadirkan paramotor yang unjuk kebolehannya. Mengambil titik start dari Pangkalan TNI AU Raci, paramotor melayang dengan mesin gondola menuju Graha Maslahat Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Jalan Sehat, Muhammad Hidayat dan jurnalis anggota PWI Pasuruan, M. Zubadililah menambahkan, di sela-sela acara berlangsung, PWI Pasuruan memberikan cinderamata kepada Bupati Irsyad. Sebuah lukisan indah bertuliskan " 10 Tahun Mengabdi, Aku Kan Kembali. "Ojo Dilalekke" by PWI Pasuruan," tersebut menjadi saksi kekerabatan dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang terjalin ciamik selama ini. (Eka Maria)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Go Green, Cara Bupati Pasuruan Lestarikan Lingkungan Secara Konsisten

Trending Now