Tandai 1 Abad NU, PCNU Kab. Malang Tandatangani MoU bersama Bank Jatim

Eko Rudianto
06 Februari 2023 | 10.52 WIB Last Updated 2023-02-06T06:17:41Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Nahdlatul Ulama' telah memasuki usia 100 tahun atau satu abad, tentunya Pengurus Besar Nahdlatul Ulama' (PBNU) mempersiapkan serangkaian acara guna memperingati momen bersejarah ini. Tak terkecuali warga nahdiyin kabupaten malang, melalui Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama' (PCNU) Kabupaten Malang, melakukan serangkaian acara baik yang seremonial maupun menjemput barokah dalam rangka memperingati 100 tahun nahdlatul ulama. 

NU sendiri merupakan organisasi terbesar terbesar di Indonesia bahkan dunia, didirikan di surabaya pada 16 rajab 1344 H dan kini telah 1444 H genaplah satu abad atau 100 tahun. Dalam peringatannya PCNU Kabupaten Malang kini menyelenggarakan serangkaian acara besar dari banyak acara, ada 6 acara besar yang digelar PCNU Kabupaten Malang diantaranya, Kick Of satu Abad NU yang ditandai dengan peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di Pondok Pesantren An-Nur 2 Bululawang Malang, serta upacara hari santri, serangkaian acara skala kecil lainnya wajib dilakukan oleh lembaga dan banom ditingkatan masing-masing, mulai dari tingkat anak ranting hingga MWCNU. Kedua adalah apel kader bagi seluruh kader NU sekabupaten malang yang berjumlah 16.000 yang dilaksanakan di Pesarean Gunung Kawi Wonosari kabupaten Malang. Ketiga sebagai adalah acara kirab panji NU dan bendera merah putih yang dilaksanakan keliling kabupaten malang setiap kecamatan, kirab ini dilaksanakan selama 10 hari nonstop dan yang terakhir adalah malam puncak yaitu pada tanggal 5 februari 2023 bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Malang.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah tokoh kabupaten Malang, mulai dari Bupati, Wabup, Kapolres, Rois Syuriah, Ketua PCNU, Camat Se-kabupaten Malang, Dandim, Ketua DPRD Jatim, KaKemenag, Ketua Pengadilan dan Kejaksaan, Rektor Se-Kabupaten Malang, Pengurus MWC NU beserta banom dan lembaga, Forkopimda, Tim Kirab dan lain-lain tersebut dilaksanakan untuk memperingati prosesi puncak resepsi satu abad NU di kabupaten Malang. Acara di rangkai dengan kegiatan penyambutan tim kirab, sambutan dari bupati, ketua PCNU dan Ketua Pelaksana, hiburan penampilan, hingga nominasi juara film pendek serta santunan 1000 duafa dan anak yatim.

Nampak pula, kerjasama antara PCNU dengan BANK Jatim sebagai upaya berkelanjutan mengurai masalah ekonomi yang ada di kabupaten Malang, khususnya bagi warga nahdiyin. Di penghujung acara Ketua PCNU Kabupaten Malang memberikan apresiasi kepada bapak kapolres dan camat yang telah keberadaan NU dikabupaten Malang.

"Penghargaan apresiasi kepada Bupati Malang dan Kapolres Malang karena berkontribusi serta supprort ke NU" tutur KH. Hamim Cholili.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tandai 1 Abad NU, PCNU Kab. Malang Tandatangani MoU bersama Bank Jatim

Trending Now