SBMI Lumajang Dampingi Pemulangan Jenazah PMI Malaysia yang Meninggal Setelah Dibuang Majikannya

Admin JSN
24 Februari 2023 | 08.26 WIB Last Updated 2023-02-24T01:26:47Z
 
SBMI Lumajang Dampingi Pemulangan Jenazah PMI Malaysia yang Meninggal Setelah Dibuang Majikannya


LUMAJANG I JATIMSATUNEWS.COM: Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bernama Warsih warga Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro Kab.Lumajang. Warsih diberangkatkan secara nonprosedural oleh oknum tekong ke Negara Malaysia.

Ketua DPC Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lumajang, Madiono membenarkan informasi tersebut. Ia mengatakan bahwa sebelumnya dirinya menerima pengaduan ini dari pihak keluarganya.

"Keluarga korban meminta jenazah alm Warsih untuk bisa dipulangkan ke Indonesia, dan Madiono langsung menghubungi pihak KBRI Malaysia dan Pihak KBRI siap mengurus semua proses kepulangan jenazah alm warsih sampai Bandara Juanda Surabaya. Selanjutnya Madiono mendampingi keluarga korban ke Balae Desa Kandang Tepus untuk pembuatan surat permohonan bantuan fasilitas ambulan ke BP2MI Jawa Timur," terangnya ketika dikonfirmasi pada hari kamis tanggal 23 Februari 2023

Berdasarkan keterangan keluarga, menurutnya, Warsih berangkat bekerja ke negeri jiran tidak diketahui oleh pihak keluarga.

Akan tetapi, secara tiba-tiba ada kabar dari bersangkutan telah berada di Malaysia pada September 2022.

"Pengakuan keluarganya, ketika sampai Malaysia Warsih sudah bekerja selama 15 hari kepada seorang majikan di Malaysia," ujarnya.

"Namun, akibat sakit akhirnya almarhum sama majikan dibuang di tepi jalan. Bahkan, sepanjang hari hidupnya terkatung-katung di jalan," imbuhnya.

"Sewaktu di jalan beliau diketemukan oleh seseorang untuk kemudian ditolong dibawah ke kantor KBRI yang ada Malasyia. Dan pihak KBRI Malaysia melakukan perawatan kepada alm Warsih tetapi pada tgl 5 Februari 2023 pukul 20:30 waktu setempat alm Warsih menghembuskan nafas terakhirnya," jelasnya


Madiono berharap kepada warga Indonesia khusunya warga Lumajang apabila ingin bekerja ke luar negeri, sebaiknya datang ke kantor Disnaker Lumajang dulu untuk konsultasi agar mengetahui Migrasi Aman yaitu cara bekerja ke luar negeri sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pemerintah serta mengetahui hak (hak untuk dirinya dan keluarganya) dan kewajibannya," harapannya.

Ketua DPC SBMI Lumajang dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang (dr Rosyidah) beserta jajarannya hadir kerumah duka. Jenazah Alm Warsih sampai rumah duka Hari Rabu Pukul 15:30 wib. setelah disholati langsung dimakamkan. Semua biaya gratis, pihak keluarga tidak dipungut biaya sama sekali yaitu biaya rumah sakit dan pemulangan dari Malaysia ke Bandara Juanda Surabaya ditanggung KBRI Malaysia dan dari Bandara kerumah duka difasilitasi BP2MI Jawa Timur. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SBMI Lumajang Dampingi Pemulangan Jenazah PMI Malaysia yang Meninggal Setelah Dibuang Majikannya

Trending Now