Kalau Ada Yang Ingin Mengubah Pancasila Dialah Pahlawan Kesiangan

Anis Hidayatie
23 Februari 2023 | 22.34 WIB Last Updated 2023-02-23T16:15:16Z
Kalau Ada Yang Ingin Mengubah Pancasila Dialah Pahlawan Kesiangan, cetus H Said
MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Berbicara di hadapan puluhan GPAI, Guru Agama Islam SMK se Kabupaten Malang Kepala Kementerian Agama Kabupaten Malang H. Sahid menyampaikan banyak hal tentang moderasi beragam. Termasuk komitmen terhadap Pancasila sejak negara ini berdiri, Kamis, 23/2023. 

 "Kalau ada yang ingin mengubah Pancasila, dia adalah pahlawan Kesiangan," cetus H Sajid seraya memaparkan kaitan setiap sila dengan ayat-ayat di dalam Al Qur an.

Menyampaikan pula tentang pentingnya menghargai pandangan dan keyakinan tiap individu bangsa ini H Sahid menekan untuk tidak mengajak orang yang telah memiliki keyakinan terhadap ritual keagamaan mengikuti keyakinan yang dianut. 

"Misal ada orang yang ketika sholat subuh terbiasa Qunut, jangan ajak dia tidak berqunut,  begitupun sebaliknya. Karena hal-hal demikian meskipun kelihatannya sepele akan memicu konflik yang membahayakan kesatuan berbangsa dan bernegara," papar pemegang sertifikat tutor moderasi beragama itu. 

Disimak penuh ta'dzim oleh seluruh hadirin, pemaparan H Sahid adalah salah satu sesi yang diagendakan dalam acara Pengukuhan Pengurus MGMP PAI SMK Kabupaten Malang yang baru,  Workshop Penguatan Moderasi beragama  dan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Kehadirannya menarik perhatian bukan hanya karena penjelasan akan tetapi juga batik yang dikenakan bernuansa lintas agama. Konon hanya 4 pemiliknya. 

"Salah satu implementasi moderasi beragama saya adalah dari penampilan.  Batik yang saya kenakan ini menggambarkan rumah ibadah lintas agama yang ada di Indonesia, " terangnya.

Selain H. Sahid nampak Kasi PAIS Rasidi juga Nara Sumber Pengawas Cabdin Eko Prasetya, juga pengurus MGMP yang baru pimpinan Guru SMK Singosari Mukidin. 

Pesan khusus disampaikan H Sahid pada MGMP PAI SMK agar berkarya,  bekerja, berinovasi secara ikhlas. 

" Saya berharap pengurus yang baru agar berkarya,  bekerja, berinovasi secara ikhlas demi kemajuan MGMP PAI SMK Kabupaten Malang," ungkap H Sahid. 

Direspon positif oleh ketua mukidin, menyatakan siap mengemban tugas kepengurusan dan memohon bimbingan.

"Insya Allah saya  siap mengemban tugas sebagai ketua MGMP, untuk itu mohon bimbingan pula dari Bapak Kepala Kemenag dan Kasi PAIS bapak Rasidi, " ungkap Ketua Mukidin. 

Senada Kasi Pais Rasidi menyampaikan agar pengurus MGMP PAI SMK dapat melaksanakan tugas dengan baik. 

"Saya berharap pengurus MGMP dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan yang diprogramkan," cetus Kasi PAIS Rasidi. 

Berlangsung hingga pukul 11.00 pembukaan acara dilakukan oleh H Said dilanjutkan materi Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Pengawas Eko Prasetya dari Cabang Dinas Kabupaten Malang.
 (Ans) 



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kalau Ada Yang Ingin Mengubah Pancasila Dialah Pahlawan Kesiangan

Trending Now