Semarak Reog, Bantengan, Drumband, Penuhi Jalanan Jabung Sambut Kirab Panji NU

Anis Hidayatie
28 Januari 2023 | 20.13 WIB Last Updated 2023-01-28T22:57:36Z
Jabung Sambut Kirab Panji NU Telah bersiap sejak pagi hari sekitar pukul 07.00
MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Reog, Bantengan, Drumband, Penuhi Jalanan Jabung Sambut Kirab Panji NU Telah bersiap sejak pagi hari sekitar pukul 07.00 pagi Camat Jabung Kasiyanto mengaku pihaknya akan melakukan penyambutan istimewa. 

Bukan hanya di area Pesantren Sunan Kali Jogo akan tetapi juga di sepanjang jalan raya Jabung Kabupaten Malang.

 "Kami siapkan penyambutan berbeda, mengapresiasi MWC Jabung yang sangat antusias menyambut panji NU. Nanti akan ada iringan reog, bantengan juga Drumband, " jelas Camat. 

 Betul adanya, mengiringi penyerahan bendera Merah Putih dan panji NU dari MWC Pakis ke Camat Jabung dan pengurus MWC, gelaran Reog, dilanjutkan Banteng dan penampilan Drumband siswa sekolah menjadi pusat perhatian acara pula. 

Terdata ada grup reog,  grup Bantengan dan  grup Drumband ikut terlibat mengawal panji-panji yang dibawa pemuda nahdiyin. 

 Terlibat dalam acara kirab panji muslimat, fatayat, igtkm, Ansor, Banser, IPNU, IPPNU, Laziznu, MWCNU, LTNU, IAI dan Pagar Nusa. Memantik perhatian warga, kehadiran kirab panji menjadi tontonan pula yang cukup menghibur warga Jabung. 

 "Alhamdulillah disambut antusias warga, kami bahagia bisa melayani warga NU di Jabung," cetus Camat Kasiyanto didampingi Kapolsek dan Danramil.

 Merupakan hari ke 2 dari acara kirab panji. Kegiatan berlangsung dari pukul 07.45-10.43. Dihadiri oleh Rois Syuriah MWC NU Jabung Ustadz Syamsul Arifin, Ketua Tanfidziyah Gus Moch. Sya’roni beserta Jajaran dan Banom-banomnya.

 Muspika Camat Jabung, Kapolsek dan Danramil terlihat mendampingi Gus Ali Murtadho, anggota DPRD Kabupaten Malang. Diketahui, Tim kirab berangkat jam 07.45 dari ponpes al Ghozali Pakis menuju kecamatan Jabung. 

Setibanya di wilayah Jabung tim kirab langsung disambut oleh iringan 3 drumband dari sekolah-sekolah yang ada di jabung, reog Mbah Bagong dan Bantengan dari Lesbumi kecamatan Jabung. Di samping kanan dan kiri jalan disambut dengan pagar betis dari lembaga-lembaga pendidikan yang ada dijalan protokol. 

 Pasukan panji dikirab kurang lebih 1 km mulai dari masjid Annur Kampung Anyar sampai dengan Ponpes Sunan Kalijogo Jabung. Prosesi serah terima bendera merah putih dan Panji Nu berlangsung hikmat di halaman ponpes Sunan Kalijogo. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Rois Suriyah mwc Ustadz Syamsul Arifin. 

 Camat jabung memberikan kesan saat kirab panji NU tiba dan mengelilingi kecamatan jabung.

 “Alhamdulillah dengan adanya kirab ini kita bisa silaturahmi, yang kedua kita bisa memperkuat keimanan kita, dan kita harus memperjuangkan apa yang telah diwariskan oleh pendahulu-pendahulu kita, kita tinggal melanjutkan saja," cetus Camat Kasiyanto  

"Apalagi kita masuk di abad yang ke 2 supaya kita tetap semangat dan tetap optimis, bahwa kebangsaan kita ini harus kita bangun terus tiada henti-hentinya. Yang berikutnya, kita tetap guyup rukun, tetap kompak, tetap semangat, antara ulama dan umaro. Antara ulama dan umaro harus bersatu untuk mendukung pembangunan dari masyarakat di Indonesia ini. Terutama di wilayah Kecamatan Jabung, saya berterimakasih atas semua dukungan masyarakat yang begitu antusias dan begitu maksimal yang berkaitan dengan 1 Abad NU ini. Alhamdulillah kalau di Jabung ini semangat dan kompak dari semua unsur mendukung semua, kita di ke Muspika an maupun di Pemetaan mendukung semuanya. Insya Allah kita akan bertemu lagi di Sidoarjo nanti," ujar Camat. 

"Harapannya tentu terus memberikan kegiatan yang dapat memberikan manfaat ke masyarakat banyak. Tetap semangat, terutama peningkatan keimanan dan ketaqwaan," imbuhnya. 

 Kegiatan dilanjut dengan ziaroh ke makom KH. Nur salim. Di makam tersebut tim kirab membaca tahlil. Setelah itu tabarukan ngaji kitab Arbain Nawawi. Ramah tamah dengan MWCNU Jabung di ndalem Pondok Sunan Kalijogo mengakhiri kegiatan. (Ans)

Kontribusi : Ahmad Fatoni

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarak Reog, Bantengan, Drumband, Penuhi Jalanan Jabung Sambut Kirab Panji NU

Trending Now